Tim Dokter Presiden Bantu Rawat Hasyim karena Belum Stabil

Hasyim Muzadi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, saat dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu, 11 Januari 2017.
Sumber :
  • IST

VIVA.co.id - Tim dokter Kepresidenan ikut membantu merawat kesehatan Hasyim Muzadi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, yang sedang menjalani pemulihan dari sakit di rumahnya di kompleks Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Tim dokter Rumah Sakit Lavallete, yang selama ini menangani Hasyim, memerlukan bantuan dokter Kepresidenan karena kondisi mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama itu belum stabil.

"Kita akan diskusi dengan tim dokter Kepresidenan. Soal alat kebutuhan yang di sini tidak ada. Tim Kepresidenan siap membantu. Dari tim Presiden ada empat dokter," kata dr Hariadi, ketua tim dokter, di Malang pada Rabu, 15 Maret 2017.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Hariadi adalah dokter yang merawat Hasyim Muzadi sejak dia masuk Rumah Sakit Lavalette pada Januari lalu. Ia menyebut kondisi Hasyim Muzadi melemah karena batuk berdahak.

"Kondisi kesehatan Kiai Hasyim Muzadi batuk terus, tidak bisa mengeluarkan dahak, dan sesak. Itu yang sekarang kita atasi; memperbaiki kondisinya. Laju jantung normal, cuma dikasih infus dan bantuan oksigen. Makan melalui selang. Insya Allah segera kembali normal," kata Hariadi.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Mengenai perawatan yang dilakukan di rumahnya, Hariadi mengatakan tak ada masalah. Soalnya tim medis selalu berjaga di rumah Hasyim. Ia pun rutin memeriksa perkembangan kesehatan Hasyim.

"Orang sakit kalau dekat keluarga lebih senang daripada di rumah sakit. Ini semua atas permintaan keluarga," ujar Hariadi.

Secara keseluruhan, kata Hariadi, kondisi Hasyim membaik. "Organ dalam baik, nadi bagus, jantung bagus. Cuma beliau batuk berdahak dan infeksi yang bikin drop, dan mengingat usia yang sudah sepuh," ujarnya.

Kesehatan Hasyim

Kesehatan Hasyim memburuk dan dirawat di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang, pada Sabtu, 11 Maret 2017. Tak disebutkan detail tentang jenis gangguan kesehatan yang dideritanya. Namun dia sempat dirawat khusus di ruang cardiovascular care unit pada Rumah Sakit Lavalette.

Kesehatan Hasyim dikabarkan membaik pada Senin pagi, 13 Maret 2017. Dia dinyatakan pulih meski tetap harus menjalani perawatan lalu diizinkan pulang pada Senin malam.

Hasyim sudah dua kali dirawat di rumah sakit sepanjang tahun 2017. Dia dirawat di Rumah Sakit Lavalette selama 12 hari pada 6-17 Januari. Waktu itu dia dirawat akibat kelelahan usai menghadiri banyak kegiatan di sejumlah daerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya