Meski dalam Tahanan, Siswa SMK di Bogor Antusias Ikut UNBK

Ilustrasi Hari Pertama Pelaksanaan UNBK SMK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK jurusan mesin di Bogor, Jawa Barat terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK yang digelar mulai 3 hingga 6 April 2017 dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Paledang.

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

Remaja berusia 17 tahun berinisial HS tersebut harus menjalani hukuman setelah tersandung masalah narkoba. Saat ini statusnya menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Bogor, Jawa Barat.

Menurut HS, guru sekolahnya dan petugas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor akan menyambanginya dengan membawa soal ujian nasional. Meski harus mengikuti ujian dari balik jeruji besi, HS mengaku dirinya siap diuji.

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Ia mengatakan telah mendapatkan bimbingan belajar untuk ujian nasional yang diadakan pihak lapas dengan warga binaan lain yang akan ikut program ujian paket C.

"Saya sudah menunggu dua jam di dalam ruangan ini untuk ikut ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ini ujian hari pertama," kata HS kepada kontributor tvOne di Bogor, Jawa Barat, Senin 3 Maret 2017.

Sebanyak 126 Siswa SMA Curang pada UNBK 2019

Berdasarkan laporan kontributor tvOne, hingga satu setengah jam lalu, guru dan petugas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor belum terlihat hadir. Meski HS telah menunggu berjam-jam untuk mengikuti ujian.

Laporan: Usep Saripudin/tvOne Bogor

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

UN di beberapa provinsi itu tetap memperhatikan protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2020