Tebing Longsor di Cirebon, Warga Waswas

Ilustrasi longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Sebuah tebing dengan ketinggian 50 meter di Desa Gumulung Tonggoh, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengalami longsor, Selasa, 4 April 2017. Akibatnya, sejumlah rumah di sekitar tebing mengalami retak-retak.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun warga khawatir dan waswas akan terjadi longsor susulan.

Longsornya tebing itu diduga akibat tanah dan bebatuan tergerus aliran sungai Kanci. Selain itu, curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Cirebon juga diduga menjadi penyebab longsor.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Meski merasa khawatir akan terjadi longsor susulan, warga masih bertahan di dalam rumah yang telah retak-retak itu. "Iya para warga takut longsor susulan. Tapi tidak ada tempat tinggal lainnya makanya warga tetap bertahan," kata salah seorang warga, Wiwin, di Cirebon, Jawa Barat.

Pemerintah desa setempat mengimbau warga mengungsi ke tempat aman. "Untuk mengantisipasi longsor susulan pihak pemerintah desa mengimbau warga mengungsi ke lokasi yang aman," kata perangkat Desa Gumulung Tonggoh, Cirebon, Sanag Rasullah. (ase)

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Laporan Erfan Septyawan (Cirebon)

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024