Geger Situs Kerajaan Majapahit Rusak Gara-gara Galian

Petugas menyelidiki lahan situs Kerajaan Majapahit yang rusak akibat aktivitas galian di Desa Kumitir, Jaterejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Sumber :
  • Polda Jatim

VIVA.co.id - Kondisi memprihatinkan menimpa lahan situs Kerajaan Majapahit di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, gara-gara aktivitas galian tanah untuk produksi batu bata. Kasus perusakan situs purbakala itu masih diselidiki aparat berwenang.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Geger situs Majapahit mencuat berawal dari sebaran di media sosial yang menunjukkan foto-foto aktivitas galian tanah di lahan situs itu. Kepolisian Resor Kabupaten Mojokerto lalu melakukan penyelidikan. Lokasi kejadian kini sudah disterilkan untuk keperluan penyelidikan.

Situs Kerajaan Majapahit Rusak Gara-gara Aktivitas Galian

Tampil di NYFW, Intip Karya Ivan Gunawan yang Terinspirasi dari Kerajaan Majapahit

Informasi awal diperoleh menyebutkan, situs Majapahit yang rusak itu berada di area persawahan. Lahan dengan status Petok D itu milik warga dusun setempat, almarhum Tarik, dan dikuasakan kepada istrinya, Tumina (60 tahun). Di dalam lahan itu diduga tersimpan batu bata atau boto peninggalan masa Kerajaaan Majapahit.

Tumina menyewakan lahan kepada Badri (33 tahun) seharga Rp19,5 juta sejak November 2016. Badri juga warga Dusun Bendo, Desa Kumitir, Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Lahan disewa untuk digali secara manual dan tanahnya dipakai bahan batu bata. Luas kerusakan lahan diperkirakan 80 meter persegi.

Lukisan Tertua di Dunia Ditemukan di Sulawesi, Berusia 45.500 Tahun

Keterangan diperoleh polisi dari warga setempat menjelaskan, dari dulu belum pernah diterima sosialisasi dari petugas Dinas Purbakala Cagar Budaya Trowulan bahwa lahan yang digali itu masuk dalam kawasan cagar budaya. Hal itu juga dibenarkan Kepala Desa Kumiter, Beni.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, membenarkan kasus rusaknya situs era Kerajaan Majapahir itu. "Kasus ini masih dalam penyelidikan. Kami juga berkoordinasi dengan BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Trowulan untuk menangani kasus ini," katanya di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Senin, 10 April 2017. (hd)

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

itus Purbakala Patiayam di Kudus, Jawa Tengah, memiliki potensi besar untuk membuka lembaran sejarah peradaban manusia. Sejumlah profesor, peneliti senior, dan ahli arkeo

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024