Pesawat Kargo ASA yang Hilang di Papua Telah Ditemukan

Pesawat Cessna Grand Caravan milik SAS.
Sumber :
  • Flyingsas

VIVA.co.id – Pesawat jenis C208 Caravan, dengan nomor registrasi PK-FSO yang dioperasikan Spirit Avia Sentosa dengan rute Tanah Merah-Oksibil Papua, yang dikabarkan hilang kontak, Rabu 12 April 2017, telah ditemukan di Perkampungan Kobibkop, Pegunungan Bintang.

Ini Identitas 4 Orang Penumpang Pesawat SAM Air yang Hilang di Papua

Pihak Kepolisian mengklaim, pesawat ditemukan dalam kondisi utuh. 

"Dari informasi Kepala Kampung Kobibkop, pesawat yang dipiloti Rio Pasaribu itu telah ditemukan warga dalam kondisi utuh," ujar Juru Bicara Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal.

Basarnas Pastikan Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

Namun, kata dia, kondisi pilot belum diketahui. "Laporan masyarakat, kondisi pesawat utuh, tetapi pilotnya belum diketahui. Masyarakat tidak mendekat ke pesawat, karena takut meledak," ujarnya. 

Sementara itu, upaya pencarian melalui jalur darat hingga malam ini masih terus dilakukan. "Polisi dibantu TNI dan warga dalam perjalanan menuju lokasi. Jaraknya dari bandara Oksibil sekitar 10 kilometer, dengan ketinggian 6.400 kaki," jelasnya. 

Basarnas Banten Ikut Cari Pesawat Sriwijaya Air

Pesawat barang yang mengangkut bahan makanan itu diketahui terbang dari Tanah Merah sekitar pukul 11.45 WIT. Namun, pesawat tidak memberi kabar saat posisinya sudah dekat dengan Oksibil.

Air Traffic Control Bandara Oksibil kemudian mendapatkan informasi dari Flight Following SAS di Jakarta, bahwa pesawat PK-FSO menunjukkan sinyal darurat pada flight tracker di koordinat 04 48’47.7” S 140 39’31.7”E. (asp)

Ilustrasi pesawat perintis

Pesawat Perintis Kargo Smart Air Rute Tarakan-Binuang Hilang Kontak

Pesawat perintis tersebut dilaporkan lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat pada pukul 08.25 Wita.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024