Olly Dondokambey Sebut Banyak Calo Anggaran di DPR

Politisi PDIP dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id – Mantan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Olly Dondokambey mengaku banyak orang yang manfaatkan pembahasan anggaran DPR untuk mendapat keuntungan.

Olly Lebih Percaya Pengadilan Terkait Kasus E-KTP

Menurut Olly, salah satunya memanfaatkan persetujuan yang dikeluarkan Banggar DPR.

"Di dalam kebijakan kami itu, pasti ada orang-orang yang memanfaatkan," kata Olly, saat bersaksi untuk terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

Menurut Bendum PDIP itu, dalam pembahasan anggaran e-KTP, dirinya tak pernah mengetahui adanya pembagian uang kepada anggota Banggar DPR. Namun, berdasarkan pengalamannya, praktik pencaloan sering terjadi.

Kepada jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi, Olly juga mengaku beberapa kali jadi saksi dalam kasus suap pembahasan anggaran. Percaloan itu yang selalu menjadi masalah.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-17 Wanita di Piala Asia

"Pengalaman saya, di DPR dan Banggar, percaloan itu pasti ada, karena banyak kasus seperti itu. Tetapi, kami mana mau tahu," kata Gubernur Sulawesi Utara tersebut

Dalam dakwaan jaksa, Olly Dondokambey diduga terima uang proyek pengadaan e-KTP sebanyak  US$1,2 juta .. Namun, dikonfirmasi itu oleh Jaksa, Olly bantah pernah terlibat dan terima korupsi e-KTP.

Mendengar kesaksian Olly, kedua terdakwa, Irman dan Sugiharto, yang didampingi oleh penasihat hukumnya Susilo Aribowo hanya mencatatnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya