Semarang Kembali Diterjang Banjir Rob

Banjir rob di Semarang
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang pada Rabu malam, 3 Mei 2017, menyebabkan sejumlah titik di wilayah tersebut terendam banjir rob. Banjir terparah terjadi di Jalan Pantai Utara Semarang, tepatnya di sepanjang Jalan Kaligawe.

BNPB Sebut Sepanjang Pantura Jawa Terendam Banjir Rob

Di kawasan itu, air menggenang setinggi 10-40 sentimeter dan membuat arus lalu lintas pada Kamis pagi, 4 Mei 2017 tersendat.

"Air rob di sini sudah agak mendingan daripada malam tadi. Saat hujan deras tadi malam lalu lintas dari perlintasan kereta api hingga jembatan Kaligawe nyaris lumpuh, " kata Jono, salah seorang pengendara di kawasan itu.

BMKG Wanti-wanti Warga Semarang Waspada Rob saat Siang

Genangan yang lebih parah terjadi di Jalan Raya Genuk. Air laut pasang bahkan sempat menenggelamkan area trotoar jalan hingga menyulitkan pengendara motor, tepatnya di depan rumah sakit Sultan Agung Semarang hingga pintu masuk Kawasan Industri Terboyo.

Selain kawasan Kaligawe, air rob juga tampak menggenangi Jalan Mataram, hingga bundaran Bubakan di Kawasan Kota Lama Semarang. Di sana, air menggenang sekitar 30 sentimeter.

Waspada Banjir Rob saat Gerhana Bulan Total

Dari pantauan, aparat kepolisian pagi ini tampak sibuk mengatur lalu lintas yang tersendat. Beberapa warga sekitar juga tampak membantu pengendara yang melewati genangan rob, tepatnya di bawah jembatan Kaligawe.

Terpantau juga beberapa buah pompa penyedot air yang telah siaga di sejumlah titik genangan. Para petugas dari Pemkot Semarang ini tampak sibuk untuk mengeluarkan air dari jalan raya untuk dialirkan ke sungai-sungai terdekat. (art)

Banjir Rob Melanda Pesisir Usai Fenomena Gerhana Bulan

Ada Efek Gravitasi Saat Gerhana Bulan, Waspadai Banjir Rob

Secara umum pada saat gerhana bulan, efek gravitasi Bulan dan Matahari terhadap pasang surut air laut menjadi maksimal.

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2021