Jalan Tol Brebes-Semarang Belum Maksimal Saat Mudik Nanti

Proyek Pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang.
Sumber :

VIVA.co.id – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Royke Lumowa, mengungkapkan bahwa jalan tol Brebes-Semarang masih belum berfungsi secara maksimal saat arus mudik lebaran 2017. Ruas tol yang bisa dilewati hanya dari Brebes Timur hingga Gringsing, Batang.

Jalur Mudik di Kota Semarang Tak Ada Contra Flow

Royke menyatakan, untuk ruas Batang-Semarang hingga kini masih terkendala pembebasan lahan. Dan hampir dipastikan, ruas tersebut belum bisa dilalui pemudik secara fungsional.

"Jadwal pembebasan lahan di Kendal baru kelar akhir Mei. Tidak mungkin pengerjaan konstruksi selesai dalam 10 atau 15 hari ke depan," kata Royke di ruang VVIP Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis, 4 Mei 2017.

Pemkot Semarang Ajak Masyarakat Mudik dengan Aman dan Nyaman

Ia menjelaskan kepadatan arus mudik di wilayah Pantura nantinya akan terurai di pintu keluar Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang dan Kendal. Pintu terakhir fungsional tol itu berada di tol Gringsing, Kabupaten Batang.

"Artinya, mobil dan motor boleh lewat di situ. Sebab, dengan pembetonan jalan sudah dikerjakan dengan ketebalan 10 centimeter, lalu diterapkan one way traffic," jelasnya.

Tol Jombang-Mojokerto Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Royke menyarankan, agar pemudik bisa lewat tol atau jalan arteri atau jalur Selatan Jateng. Dan bisa melewati ruas Tol Cipularang-Cikampek atau jalur utara dari Cipali-Cikopo-Purwakarta. 

Untuk penggalan jalan tol Bawen-Salatiga yang menghubungkan Semarang-Solo, juga diperkirakan bisa difungsikan saat arus mudik nanti.

Sementara itu, Pimpinan Pengerjaan Proyek Tol Semarang-Solo, Indriyono menambahkan, pengerjaan tol jelang lebaran ini banyak terkendala cuaca ekstrem. Apalagi hujan yang tak bisa diprediksi membuat beberapa penggalian tanah terpaksa mandek.

Namun demikian, untuk ruas Tol Semarang sampai Salatiga, kini telah dilakukan pembetonan. Tinggal beberapa titik saja yang masih dalam proses penggalian. 

"Kita saat ini konsen dan fokus untuk menyelesaikan Simpangsusun Bawen hingga Tingkir Salatiga sejauh 17,5 kilometer," ujarnya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya