Terungkap, Makhluk Raksasa yang Terdampar di Maluku

Hewan misterius berukuran raksasa yang ditemukan telah menjadi bangkai di pantai Dusun Hulung Desa Iha Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu (10/5/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Angkotasan

VIVA.co.id - Tim pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah meneliti satu bangkai makhluk raksasa yang terdampar di pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Tim peneliti memastikan bahwa makhluk itu adalah paus.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Menurut Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI, Augy Syahailatua, makhluk itu memang sempat dikira cumi raksasa. Tetapi setelah diobservasi dan diteliti, bukan cumi, melainkan paus.

“Sempat diduga sebagai cumi raksasa, hewan laut yang terdampar sejak Selasa (9 Mei 2017) ini ternyata adalah paus,” kata Augy melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Selasa, 16 Mei 2017.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Tim peneliti yang terdiri tiga orang itu sudah mengobservasi bangkai paus tersebut kemarin petang, ketika air laut surut, untuk memudahkan pengukuran dan pengambilan foto serta sampel. Sampel bangkai paus itu juga sudah diuji laboratorium.

Berdasarkan hasil observasi, didapat data tubuh paus itu sepanjang 23,20 meter dan lebar 6,50 meter. Panjang sirip dada 2,80 meter, panjang sirip ekor 1,74 meter, lebar sirip ekor 0,59 meter, dan lebar seluruh sirip ekor 3,33 meter. Panjang tulang rahang bawah yang tampak 5,30 meter, panjang rahang atas 3,73 meter, lebar rahang atas 1,35 meter, panjang ruas tulang dekat ekor 0,27 meter, dan panjang ruas tulang dekat punggung 0,70 meter.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Bangkai paus itu kali pertama diketahui warga Dusun Hulung, Desa Iha, Kabupaten Seram Bagian Barat, pada Rabu sore, 10 Mei 2017. Saat mula ditemukan, bangkai itu sudah mengeluarkan aroma busuk sehingga mengundang perhatian masyarakat.

Warga mengaku tak mengenali jenis bangkai itu karena bentuknya aneh dan tak lazim, di antaranya, ukurannya sangat besar dan panjang serta tampak bertulang berwarna putih menyerupai gading atau taring sepanjang hampir lima meter.

Ilustrasi menikah adat Jawa.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Sebuah kisah menarik datang dari seorang MUA yang membagikan momen ketika seorang pengantin kesurupan gegara tidak berziarah kubur sebelum acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024