Penyangga Jembatan Ampera Harus Ditambah Agar Tak Roboh

Tongkang bermuatan 7.000 ton Batu Bara yang menabrak Jembatan Ampera di perairan Sungai Musi Kota Palembang Sumatera Selatan, Rabu (17/5/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK

VIVA.co.id – Wali Kota Palembang, Harnojoyo, meminta PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) untuk menambah tiang pengaman di bawah fondasi Jembatan Ampera. Tiang pengaman dibutuhkan untuk mengantisipasi agar jembatan tak tertabrak kapal tongkang lagi.

Jembatan Ampera Palembang Tak Bisa Dilalui Senin Pekan Depan

"Selama ini hanya ada dua tiang fender. Kita minta semua tiang jembatan ditambah fender agar tidak ada lagi kapal tongkang yang menabrak tiang Jembatan Ampera" kata Harnojoyo, Kamis 18 Mei 2017. 

Sementara, menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V, Suwarno, dari hasil pemeriksaan visual, pada bagian Jembatan Ampera sejauh ini belum ditemukan kerusakan dan pergeseran setelah ditabrak kapal tongkang pengangkut batubara kemarin, Rabu, 17 Mei 2017.

Jelang Asian Games, Jembatan Ampera Palembang Ternyata Retak

"Kalau hasil pengecekan visual pergeseran belum ada, karena fendernya yang tertabrak. Sementara, fondasi jembatan hanya tersenggol," kata Suwarno.

Menurutnya, untuk memastikan tidak adanya pergeseran jembatan, pihaknya masih menunggu alat ukur yang didatangkan dari Bandung, Jawa Barat.

Asian Games 2018, Ikon Kota Palembang Dipercantik

"Nanti lebih realnya hasil pengecekan menggunakan alat. Kemungkinan dua pekan lagi baru didatangkan" ujar Suwarno. (ren)

Jembatan Ampera Palembang

Pria Tanpa Identitas Loncat dari Jembatan Ampera hingga Tewas

Belum diketahui alasan pria tanpa identitas tersebut menghabisi nyawa sendiri dengan loncat dari jembatan Ampera.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2020