Disiapkan Rest Area untuk Pemudik di Tol Batang-Semarang

Pembangunan jalan tol Semarang-Batang di Jawa Tengah pada Selasa, 23 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Meski masih beroperasi fungsional selama arus mudik Lebaran 2017, jalan tol Batang-Semarang telah dilengkapi sejumlah fasilitas bagi pemudik. Salah satunya ialah rest area atau kawasan untuk beristirahat di sejumlah titik.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Khusus tol Batang-Weleri, kawasan istirahatnya dibangun fungsional di dua lokasi, yakni di STA 391+400 Kedawung, Batang serta rest area Wangunrejo STA 402+700. Meski hanya rest area sementara, lokasi itu akan dilengkapi fasilitas istirahat, tempat ibadah, toilet hingga fasilitas pendukung lain.

"Rest area ini kita siapkan fungsional selama arus mudik berlangsung. Ini untuk istirahat pemudik, meski mereka melewati jalur tol fungsional," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Saut Simatupang, pada Selasa, 23 Mei 2017.

Seluruh Korban Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Dipastikan Dapat Santunan

Saut menyebut, saat arus mudik nanti, tol Batang-Semarang akan dibuka sampai pintu keluar tol Gringsing. Jalur tol Gringsing-Semarang akan dibuka khusus untuk ruas Kaliwungu-Semarang.

Selain kelengkapan kawasan istirahat, Jasa Marga juga menyiapkan sejumlah jalur exit tol sementara untuk antisipasi pemudik yang mengalami keadaan darurat, misal, sakit atau kehabisan bahan bakar.

Bus Rosalia Indah yang Kecelakaan di Tol Batang-Semarang Bawa 32 Penumpang

"Exit tol ini juga sifatnya sementara. Salah satunya ada di Kedungsegog yang merupakan jalur perkebunan," ujarnya.

Ia memastikan, pembukaan perdana jalan tol fungsional Batang-Weleri pada 10 Juni 2017. Jalur tol yang digunakan fungsional kini masih berupa lapisan beton dasar (lean concrete/LC) setebal sepuluh sentimeter dan lebar tujuh meter.

"Nanti saat 10 Juni kita lengkapi semua, mulai penerangan hingga rambu-rambunya. Intinya untuk arus mudik nanti kita siapkan semaksimal mungkin," kata Saut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya