Waspada, ISIS Filipina Bisa Masuk ke Indonesia

Ilustrasi-Militan ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Stringer/File Photo

VIVA.co.id – Baku tembak antara tentara Filipina dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Kota Marawi, telah menyebabkan ruang gerak kelompok teroris itu semakin sempit.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin, kondisi ini harus diwaspadai karena kemungkinan besar kelompok ISIS masuk ke Indonesia.

"Khawatirnya mereka masuk Indonesia, mengingat Filipina berbatasan langsung dengan Indonesia," kata Hasanuddin, Jumat, 26 Mei 2017.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Tubagus Hasanuddin menuturkan, kelompok ISIS Filipina sangat mudah mendapatkan akses untuk masuk ke Indonesia. Sebab, mereka memiliki korelasi kuat dengan kelompok militan yang ada di Indonesia.

"Bisa dilihat dari adanya tiga WNI terafiliasi ISIS yang tewas dalam bentrokan bersenjata melawan militer Filipina di Pulau Mindanao pada April 2017," ujar Hasanuddin. 

Terkuak Alasan Rusia Kecolongan Diserang ISIS, Meski Sudah Diwanti-wanti AS

Karena pertimbangan ini, pemerintah diminta melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi aksi teror yang dilakukan ISIS. Salah satunya kata dia, pihak imigrasi harus meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang masuk wilayah Indonesia. 

"Pihak imigrasi harus meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang masuk Indonesia, dan WNI yang kembali ke Tanah Air," kata dia.

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024