Persiapan Melihat Hilal Penentu Awal Ramadan

Ilustrasi-Pemantauan hilal
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Maluku mulai mempersiapkan peralatan untuk pemantauan hilal 1 Ramadan 1938 hijriah, mulai Jumat 26 Mei pagi ini.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Sejumlah peralatan pemantauan hilal seperti teropong, dan berbagai peralatan pendukung lainnya sudah disiapkan petugas. Satu persatu alat yang akan digunakan diperiksa kelayakannya oleh petugas kanwil agama.

Direncanakan, pada Jumat sore nanti Kemenag Kanwil Maluku bersama BMKG Stasiyn Pattimura Ambon akan melakukan pemantauan hilal di Pantai Desa Seith, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Rencananya nanti sore petugas Kemenag Kanwil Maluku memantau hilal untuk menetapkan awal 1 Ramadan," kata Kepala Bidang Bimas Islam Kemenag Kanwil Maluku, Zain Firdaus Kaisupy, Jumat 26 Mei 2017.

Ia menambahkan, pemantauan hilal ini juga akan melibatkan berbagai unsur seperti MUI Maluku, Pengadilan Tinggi Ambon, Perguruan Tinggi Agama Islam Ambon serta masyarakat.

5 Doa di Akhir Ramadhan untuk Amal Ibadah Makin Afdol Diterima

Christ Belseran / Maluku

Ilustrasi bercinta.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Kembali aktif melakukan hubungan seks dengan pasangan setelah satu bulan puasa bisa mengembalikan keharmonisan antara suami dan istri

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024