Pembuat Parodi Poligami Arifin Ilham Alumnus Brawijaya

Ustaz Arifin Ilham saat bersama DR Zakir Naik
Ustaz Arifin Ilham saat bersama DR Zakir Naik
Sumber :

VIVA.co.id - Universitas Brawijaya mengklarifikasi perihal pembuat video parodi poligami menirukan Ustaz Arifin Ilham atas nama Raka Fadhil Zulyanto. Pelaku bukan lagi sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat UB, Pranatalia Pratami, mengatakan bahwa sejak 2016 Raka Fadhil tidak lagi sebagai mahasiswa kampus itu. Raka menghebohkan media sosial dengan berlagak layaknya Ustaz Arifin Ilham dengan dua istri di kanan dan kirinya.

Data yang menyebutkan Raka Fadhil mahasiswa UB kemungkinan didapat dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Namun secara administrasi Raka bukan lagi mahasiswa UB.

"Jadi yang bersangkutan sejak 2016 awal sudah tidak terdaftar sebagai mahasiswa karena tidak melakukan registrasi. Mungkin data di media sosial didapat dari PDPT. Nah, data itu data mahasiswa nasional," kata Pranatalia pada Senin, 29 Mei 2017.

UB memastikan Raka bukan lagi sebagai mahasiswa perguruan tinggi itu karena sudah terdaftar di sebuah perguruan tinggi negeri lain. Pranatalia mengatakan data PDPT secara nasional akan diperbaiki setiap dua semester.

"Statusnya bukan lagi mahasiswa Brawijaya. Bahkan data di PDPT dia sudah terdaftar di perguruan tinggi lainnya. Data itu akan otomatis hilang dan diperbarui jika yang bersangkutan tidak melakukan registrasi dua kali berturut-turut. Yang bersangkutan sudah dua kali, harusnya datanya sudah ganti," ujarnya.

Meski masih tercantum sebagai mahasiswa UB, pihak kampus merasa tidak dirugikan atas tindakan Raka Fadhil. UB memandang pembuatan video parodi adalah urusan pribadi Raka Fadhil.