Puncak Mudik Diprediksi 23 Juni, Cipali Bakal Buka Tutup

Ilustrasi/Antrean kendaraan di Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik lebaran terjadi pada tanggal 23 Juni 2017. Karena itu, ia telah meminta jajarannya agar mempersiapkan sebaik mungkin sebelum tanggal itu.

"Ada yang lebih lugas saya pesankan untuk mudik nanti tolong persiapkan dengan baik. Upayakan agar lebih dini, dari tanggal 23. Karena tanggal 23 kan itu puncaknya," kata Budi usai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Cibitung Bekasi Jawa Barat, Kamis, 1 Juni 2017.

Selain itu, ia juga mengimbau para pemudik yang hendak menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, selalu memantau informasi kepadatan jalur. Harus memiliki perencanaan yang baik, tidak hanya terfokus dengan akses Tol Cipali.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

"Nanti yang mudik ke Jateng dan Jatim ada tiga jalur. Ada Pantura, Cipali, dan Jalur Selatan. Jangan semata-mata hanya gunakan Cipali karena jalur Cipali juga akan kami lakukan sistem buka tutup. Kalau kelebihan, ya kami pakai manajemen itu," katanya.

Budi juga meminta agar pemudik sebisa mungkin menghindari pemakaian transportasi roda dua atau motor untuk mudik. Pasalnya berdasarkan statistik, angka kecelakaan motor terbilang tertinggi saat mudik dan arus balik mudik dari tahun ke tahunnya.
 
"Karenanya saya dengan kerendahan hati mengimbau jangan mudik gunakan motor. Kami telah sediakan 280 ribu (armada) mudik gratis. Ada 48 ribu motor gratis juga. Nah itu kalau bisa dipergunakan," kata Budi.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan
Dok. Istimewa

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024