Jenderal Gatot: Bersedekah Jangan Tunggu Banyak Harta

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo buka puasa bersama di Lanud Adi Sutjipto
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Bulan suci Ramadan dimanfaatkan bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satunya dengan berbagi kebahagiaan dengan sesama, menafkahkan harta bagi fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Panglima TNI Blak-Blakan Soal Kembali Sebut KKB Papua jadi OPM

Itu pula yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Baginya, bersedekah itu tidak perlu menunggu banyak harta, tapi bisa dilakukan dalam situasi kekurangan sekalipun.

"Jangan sungkan-sungkan untuk  bersedekah, apalagi pada saat bulan suci Ramadan," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat buka puasa bersama dengan prajurit dan PNS TNI di Hanggar Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu malam, 4 Juni 2017.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Mantan panglima Kostrad itu bercerita tentang sebuah kisah yang patut dijadikan teladan dan anjuran bersedekah melalui sebuah dialog singkat antara ibu dan anak. Sang ibu pada intinya ingin meyakinkan anaknya bahwa bersedekah tidak perlu menunggu harta berlebih.

"Tiap orang memiliki rezeki masing-masing, tetapi kewajiban kita untuk bersedekah sama," ujarnya.

Di Hadapan Ratusan Prajurit Matra Udara, Panglima TNI Lantik Marsekal Tonny Jadi KSAU

"Sedekah itu adalah wujud pembebasan beban pertanggungjawaban berat atas harta yang kita miliki. Makanya, harta yang ada selagi masih hidup di dunia bisa dititipkan melalui anak yatim, fakir miskin, pembangunan masjid. Biar harta mendahului ke akhirat dan kita ringan saat dimintai tanggung jawab oleh Allah SWT," kata jenderal bintang empat ini.

Menurut Gatot, wujud syukur yang baik saat Ramadan ini adalah berbagi secara ikhlas kepada orang yang butuh dan perlu pertolongan, tidak semata harus harta benda maupun uang. Misalnya mendoakan orang lain, dengan senyum membuat orang lain senang dan bahagia.

"Lakukan hal tersebut selagi kita bisa berbagi, karena itu wujud dari ungkapan syukur kepada Allah SWT," kata Gatot.

Turut hadir pada acara buka puasa bersama di antaranya Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, para Asisten Panglima TNI, Komandan Lanud Adisutjioto Marsma TNI Novyan Samyoga, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Bupati Bantul Suharsono, serta jajaran pejabat TNI-Polri wilayah Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya