Antisipasi Macet Mudik, Rekayasa Lalin Dimulai di Tol Cipali

Antrean Tol Cipali di musim mudik 2016.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Cahrliyan, mengungkapkan jalur utara dan arus kendaraan di tol Cikampek Palimanan menjadi titik krusial pengamanan Ops Ramadaniya Lodaya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Anton menjelaskan, pada jalur tersebut pihaknya membuat rencana cara bertindak jika penumpukan kendaraan terjadi di ruas Tol Cipali. Dalam pengamanan arus mudik dan balik 2017, Polda Jawa Barat mengerahkan tim gabungan 36.858 personel.

"Ada (titik krusial), Cipali. Karena itu adalah masuknya Jakarta dari mana - mana di Cipali. Nanti akan berpencar ke Cirebon, Pantura, Tol, ada juga jalur selatan," ungkap Anton di Bandung, Kamis 8 Juni 2017.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

Anton menjelaskan, jika kepadatan di jalur Tol Cipali sulit terurai, petugas akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalur utama Pantura, Tengah dan Selatan.

"Kita mau salurkan ke mana ini misalkan tol penuh masa harus ke tol sehingga ada pengalihan arus. Nanti dilihat pengalihan arusnya. Kalau di Pantura enggak macet, lewat Pantura. Selatan enggak macet lewat Selatan atau ke jalur tengah," terangnya.

Pemerintah Beberkan Kunci Sukses Mudik 2017

Ia menambahkan, jika di jalur utama tidak mampu menampung arus kendaraan, pihaknya mengoptimalkan opsi terakhir yaitu menggunakan jalur alternatif yang terdekat di jalur utama.

"Kalau semua macet, pasti ada yang tidak macet, dialihkan ke jalur alternatif. Makanya jalur alternatif ada. kita siapkan (299) pos pelayanan, (lima) pos terpadu dan (delapan) pos teknis checkpoint," lanjut mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri itu. (ren)

15 Kementerian/Lembaga mendapat penghargaan penyelenggaraan lebaran 2017

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Prestasi dilihat dari kerjasama antar lembaga.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2017