Menhub Cek Kolong Bus, Remnya Ternyata Cuma Diikat Karet

Menhub Budi Karya Sumadi mengecek kelayakan bus di Terminal Tasikmalaya
Sumber :
  • Syaefullah

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan jalur mudik di kawasan Selatan Pulau Jawa, Sabtu, 10 Juni 2017. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Terminal Indihayang 1A, yang terletak di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Setiba di lokasi, Budi langsung mengecek suatu bus TKM, yang merupakan bus sedang Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Bus itu diparkir di terminal.

Menhub Budi Karya temukan bus yang tidak layak jalan

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Pantauan VIVA.co.id, Budi langsung memasuki kolong bus guna memastikan kendaraan tersebut layak jalan atau tidak. Kecurigaannya ternyata benar, bus jurusan Kota Tasik - Salop - Cikatomas itu tidak layak jalan karena bagian remnya diikat dengan karet.

"Tadi saya pas ngecek melihat ada per diikat dengan karet, jadi artinya apa? Kalau bus itu nikung sedikit pasti pernya lari sehingga keamanan tidak terjamin," kata Budi.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Tempel Stiker

Menhub juga sempat memeriksa bus Budiman jurusan Tasik-Bekasi, untuk memastikan kondisinya layak jalan. Setelah dipastikan bus dalam kondisi baik, Budi langsung menempelkan stiker “Laik Jalan Angkutan Lebaran 2017 Ditjen Hubdat-Kemenhub” di kaca depan.

"Saya mengimbau kepada pemudik, stiker itu dilihat. Naiklah bus yang ada stiker tersebut karena sudah menjalani cek rem dan sudah mendapatkan satu klarifikasi dari petugas daerah," katanya.

Budi pun mengimbau Perusahaan Otobus (PO) agar mengecek rem semua bus yang akan digunakan untuk mengangkut para pemudik lebaran Idul Fitri 2017. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya