Ini Jalur Mudik yang Jadi Perhatian Kementerian PUPR

Pemudik mulai melintasi Jalan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Gringsing.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Pius Mali

VIVA.co.id – Jalur tol Brebes-Gringsing menjadi perhatian utama sepanjang mudik tahun ini oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hal itu lantaran kondisi jalannya yang masih terdapat hambatan. 

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Kepala Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2017 Danis H. Sumadilaga mengatakan, pihaknya menyiapkan jalur mudik sudah sejak H-10 lalu. 

"Kami itu H-10 sudah selesai dengan persiapan sarana. Sekarang sedang dalam tahap melakukan evaluasi dan tahap kontrol," ujar Danis di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2017.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Menurut dia, jalanan berdebu dan rambu-rambu yang kurang, menjadi salah satu bahan evaluasi. Jalan berdebu diatasi dengan penyiraman air dan mengerahkan petugas untuk membersihkan secara rutin. Selain itu, pihaknya juga menambahkan rambu-rambu yang kurang.

"Saat ini memang fokus itu Brebes-Gringsing karena terdapat lintasan jalan berdebu. Itu yang kami monitor dengan baik, di bawah koordinasi. Debu ini kami bersihkan secara rutin," ujarnya. 

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

Selain jalur tersebut, jalur tol Jakarta-Cikampek juga menjadi perhatian.  "Karena sudah mendekati puncak (arus) kendaraan, sampai tadi sudah 116.000 kendaraan. Sebagai informasi hari-hari normal di Jakarta-Cikampek 70 ribuan," ujarnya. 

Jembatan Kali Kuto di Gringsing, Batang, Jawa Tengah, dinyatakan sudah bisa dilalui kendaraan pemudik pada tiga hari sebelum Lebaran atau Rabu, 13 Juni 2018.

Jembatan Plengkung Pertama di Indonesia Bisa Dilalui Pemudik

Namun, baru satu lajur yang bisa dilalui karena memang belum rampung.

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2018