Macet Puncak Mudik Akan Terjadi Hingga Tengah Malam

Antrian panjang di Tol Jakarta Cikampek. Kendaraan bergerak sangat perlahan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dani Bekasi

VIVA.co.id – Posko Operasi Ramadhaniya 2017 memantau sebanyak tiga jalur yang dilalui para pemudik mengalami kepadatan mulai dari malam hingga siang ini. Kepadatan terjadi karena hari ini dipastikan menjadi puncak arus mudik.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Kepala Posko Ops Ramadhaniya 2017, Ajun Komisaris Besar Polisi Hery Sutrisman menuturkan, tiga jalur yang mengalami kepadatan ialah jalur Selatan, Pantura, jalur arteri Pantura.

"Mulai tadi malam seluruhnya padat. Kemungkinan sampai nanti malam. Kalau Jakarta sudah mulai lenggang berarti sudah hampir 60-70 persen pemudik sudah melaksanakan mudiknya," kata Hery di kantor NTMC, Jakarta Selatan, Jumat 23 Juni 2017.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Hery menjelaskan, kepadatan terjadi di jalur Pantura mulai dari Tol Pantura - Cikampek - Cikampek Palimanan (Cipali) - Tol Brebes Timur (Brexit). Kemudian lanjut ke tol fungsional sampai ke Gringsing, Jawa Tengah.

Selanjutnya, untuk jalur arteri Panturan yang mengalami kepadatan mulai dari Jababeka kemudian masuk ke Indramayu - Cirebon - Berebes - Tengal - Semarang.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

"Kemudian dari Tegal itu ada ada yang mengarah ke Jalur Selatan ke Purwokerto," katanya.

Menurut Hery, untuk jalur ketiga yang masih mengalami kepadatan adalah ruas jalur Selatan Pulau Jawa. Jalurnya, mulai dari Cikampek masuk ke Purbaleunyi ke arah Cilenyi lewat Sumedang.

Kemudian, Sumedang - Majalengka sampai Cirebon. Terpecah keduanya dari Cilenyi arah Garut - Tasik - Banjar - Kuningan arah Purwokerto.

Sedangkan, untuk arus para pemudik yang melewati Pelabuhan Merak Banten mengalami kepadatan. Terutama mulai pagi sampai jam 10.00 WIB.

"Tapi untuk Merak saya kira tidak begitu bermasalah kepadatannya tidak begitu panjang," katanya.

Sedangkan, untuk lalu lintas di Pelabuhan Bakaheuni Lampung polisi sudah melakukan rekayasa untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya