Positif Narkoba, 25 Sopir Bus Langsung Ditahan Polisi

Sopir bus jalani pemeriksaan kesehatan di terminal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adib Ahsani

VIVA.co.id – Sebanyak 25 sopir bus angkutan umum langsung ditahan oleh polda Sumatera Selatan, lantaran positif mengkonsumsi narkoba. Hal itu diketahui saat pengecekan tes urine dalam Operasi Ramadniya Musi 2017, memasuki H-2 Lebaran, Jumat 23 Juni 2017. 

Jelang Nataru, Sopir Bus Antarkota dan Provinsi Wajib Tes Kesehatan

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, sejak tiga hari kemarin seluruh pengemudi bus angkutan umum, bahkan pilot pesawat dilakukan pengecekan urine sebelum mereka membawa para penumpang.

Dari 218 tes terhadap para pengemudi bus, 25 orang positif narkoba. Sedangkan seluruh pilot pesawat tidak ditemukan tanda-tanda penggunaan narkoba. 

Sopir Bus Ketahuan Gunakan Sabu Jelang Antar Penumpang

"Sejauh ini hanya sopir bus 25 orang yang positif mengkonsumsi narkoba. Untuk pilot pesawat semuanya negatif," kata Agung. 

Menurut Agung, seluruh terminal bus bahkan perusahaan pemilik angkutan umum telah diberikan peringatan untuk tidak secara sembarangan mencari para sopir. Terlebih lagi untuk perjalanan mudik.

Sopir Bus Kemayu, Tengok Caranya Pegang Setir dan Oper Gigi

"Jelas membahayakan penumpang, kalau sopirnya adalah pengguna narkoba. Kita juga ingatkan para pemilik jasa angkutan ini, agar melakukan cek urine terlebih dahulu kepada para sopir," jelas Agung. 

Jumlah Pos Pam Ramadniya yang ada di seluruh Sumsel yakni 115 unit, yang terdiri dari 59 unit pos pengamanan, 33 unit pos pelayanan, serta 23 unit pos Laju. Polda Sumsel sendiri menurunkan total 4.758 personil yang terdiri dari 2.460 personil Polri serta 2.298 personil instansi terkait lain, seperti Dishub, TNI, dan Sat Pol-PP.
 

Kecelakaan maut bus Rosalia Indah di tol (Dok. Istimewa)

Polisi Sudah Cek Urine Sopir Bus Rosalia Indah, Ini Hasilnya

Polisi memeriksa sopir bus Rosalia Indah usai peristiwa kecelakaan tunggal di di Jalan Tol Km 370 A Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah pada Kamis pagi, 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024