Letusan Kawah Sileri Dieng 200 Meter, Wisatawan Panik

Ledakan kawah Sileri, Dieng
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto-Dok BPBD Jateng

VIVA.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jawa Tengah menyebutkan, semburan lahar dingin akibat letusan kawah Sileri di Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah mencapai 200 Meter. Akibatnya, para wisatawan yang sedang berlibur di lokasi panik berlarian hingga ada yang terjatuh.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

"Kejadian pukul 11.30 WIB siang tadi. Semburan lahar dingin saat itu mencapai 200 Meter, " kata Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana pada Minggu, 2 Juli 2017.

Total ada 10 korban luka-luka yang kini dirawat intensif di Puskesmas Batur II. Sementara seluruh pengunjung di kawasan objek wisata Dieng Plateu itu sudah dievakuasi ke tempat aman. 

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

"Lokasi telah disterilkan dan ditutup," katanya.

Sarwa menyebutkan, berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, kawah Sileri merupakan kawah aktif yang setiap saat bisa meletus. Imbauan kewaspadaan terhadap pengunjung juga kerap diterbitkan.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djarod Padakova mengatakan, Kapolres Banjarnegara kini sedang menuju lokasi untuk mencari tahu detail kejadian itu. Djarod menyebut, lahar dingin semburan lumpur yang mengenai pengunjung untungnya tidak berbahaya.

"Lumpur yang disemburkan adalah lumpur dingin yang tidak menyebabkan luka bakar. Kebanyakan korban luka karena terjatuh setelah berlarian meninggalkan lokasi," kata Djarod.

Jayabaya

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Prabu Jayabaya adalah penguasa atau raja yang berasal dari Kerajaan Kediri di masa lalu. Ia sangat terkenal dengan berbagai ramalannya yang bahkan masih terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024