Kelola Lingkungan Hidup, Jawa Barat Andalkan Citarum Bestari

Ahmad Heryawan dicalonkan jadi timses Prabowo-Sandi.
Sumber :
  • Adi Suparman

VIVA.co.id – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menghadiri pertemuan antarkepala daerah dalam forum yang membahas lingkungan hidup di Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2017.

Terima Aspirasi Walhi soal SDA dan Lingkungan Hidup, Ganjar Respons Begini

Dalam pertemuan tersebut, ia mempresentasikan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Provinsi Jawa Barat. Aher, panggilan akrabnya, menjabarkan kebijakan-kebijakan yang telah dibangun Pemerintah Provinsi dalam memperbaiki dan menata lingkungan hidup. 

Ia mengatakan, program unggulannya adalah Citarum Bestari. Program ini bertujuan membersihkan Sungai Citarum yang kerap tercemar limbah industri dan lainnya.

Pentingnya Merawat Lingkungan dengan Melakukan Konservasi Air

"Dengan Citarum Bestari ini, alhamdulillah sebagian besar sungai sudah bisa dihidupi oleh ikan-ikan. Jumlah sampah juga sangat jauh berkurang. Tinggal selesaikan sampah limbah industri karena ini kan kimia. Tiba-tiba masuk ke sungai tapi enggak kelihatan ada sampahnya," ujar Aher di Ruang Rimbawan IIIB Gedung Manggala Bhakti, Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2017.

Menurut Aher, permasalahan yang melanda Sungai Citarum sangat krusial. Karena sungai ikonik Jawa Barat ini merupakan urat nadi perairan bagi seluruh wilayah Jawa Barat. 

Fakta Menarik Rwanda, Negara Terbersih di Afrika Timur

"Citarum punya manfaat yang banyak sekali ya. Sungai ini menghadirkan irigasi untuk 420 ribu hektare sawah yang menjadi pangan bagi masyarakat Jawa Barat, termasuk masyarakat Jakarta dan Depok," ujar Aher.

Untuk itu, ia mengharapkan, ada sinergi yang kuat antara pemerintah Provinsi Jawa Barat, pemerintah pusat dan Kementerian Lingkungan Hidup. Hal itu agar Jawa Barat tetap bisa mempertahankan kelestarian alamnya. (one)

Arsari Tambang melalui PT Mitra Stania Prima (MSP) menargetkan bisa meraih Proper Emas KLHK pada 2025

Kejar Target Proper Emas KLHK 2025, Ini Strategi Arsari Tambang

Arsari Tambang melalui PT Mitra Stania Prima (MSP Smelter) menargetkan meraih penghargaan Proper Emas KLHK pada tahun 2025. Intip strateginya.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024