Balikpapan Tawarkan Diri Jadi Ibu Kota Baru

Pemandangan Kota Balikpapan malam hari.
Sumber :
  • www.balikpapan.go.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengaku telah menawarkan diri ke Presiden Joko Widodo terkait rencana pemindahan ibu kota negara.

Tun Seri HM Ali Rustam Akan Lantik Walkot Balikpapan Jadi Ketua DMDI Kaltim

"Saya langsung menawarkan diri ke presiden soal pemindahan ibu kota," ujar Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroeq, Selasa, 11 Juli 2017.

Untuk lokasi, menurut Awang, ia menilai Kota Balikpapan dinilai mumpuni baik itu dari kesiapan infrastruktur dan lahan. "Balikpapan paling siap menggantikan Jakarta," ujarnya.

Dubes Sebut Perusahaan Malaysia Harus Investasi di IKN

Sejak beberapa bulan sebelumnya, pemerintah memang telah melakukan survei dan kajian mendalam untuk rencana pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Ditargetkan kajian ini akan rampung pada tahun 2018 untuk selanjutnya diputuskan dalam ketetapan. Rencana ini merupakan program jangka panjang dan dipastikan tidak akan rampung dalam periode lima tahun.

President Jokowi Inaugurates Samarinda Seberang Terminal

"Di mana-mana negara maju, antara perdagangan dan ibu kota itu pisah," ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Sejauh ini belum ada opsi daerah yang difinalisasikan sebagai lokasi ibu kota baru. Namun lokasi yang santer disebut adalah Pulau Kalimantan.

Iqbal Abdullah/Kalimantan Timur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya