Palembang Merasa Layak Jadi Ibu Kota karena Bekas Sriwijaya

Jembatan Ampera, Ikon kota Palembang
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengajukan kotanya sebagai ibu kota Indonesia. Palembang merasa lebih layak menjadi ibu kota negara karena terjangkau secara geografis dan memiliki modal sejarah sebagai bekas pusat kerajaan Sriwijaya.

Menpan RB Tegaskan Telah Siapkan 4 Skenario Pemindahan ASN ke IKN

"Pertama, geografis Palembang strategis dan tidak sulit menjangkaunya. Terpenting, Palembang memiliki modal sejarah, yakni kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai Nusantara hingga Asia," kata Wali Kota pada Selasa, 11 Juli 2017.

Seluruh syarat perpindahan, menurut Wali Kota, telah dilengkapi dalam waktu dekat dan diserahkan kepada pemerintah pusat. Dia akan menyerahkan langsung persyaratan itu kepada Presiden nanti. Dia sekaligus akan meyakinkan Presiden Joko Widodo bahwa Palembang benar-benar siap menjadi ibu kota negara.

Intip Sejumlah Tantangan Dalam Pemindahan IKN ke Kalimantan

Harnojoyo mengaku segera melakukan sosialisasi kepada warga Palembang untuk kesiapan menerima perpindahan ibu kota. "Sementara lokasi pemerintahan bakal disiapkan sesuai kebutuhan. Warga Palembang pasti bangga, walaupun ada penolakan," katanya. (ase)

Rapat paripurna DPR (Foto ilistrasi).

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Sejumlah anggota DPR RI meminta Pemerintah di kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi), untuk menunda pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2023