Alasan Balikpapan Ajukan Diri Jadi Ibu Kota RI

Suasana malam hari di salah satu sudut kota Balikpapan
Sumber :
  • balikpapan.go.id

VIVA.co.id – Wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke pulau Kalimantan tampaknya semakin serius dibahas oleh Pemerintah Pusat. Bahkan, Pemerintah Kalimantan Timur telah menawarkan diri ke Presiden Joko Widodo terkait rencana tersebut.

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Lantas, apa yang menjadi keunggulan Balikpapan sehingga siap jadi Ibu Kota baru NKRI?

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroeq mengatakan, wilayahnya sangat siap untuk menjadi Ibu Kota baru saat ini. Sebab, sejumlah infrastrukturnya lebih lengkap dan bertaraf internasional. 

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Menurut dia, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur memiliki luas wilayah lebih dari 650 ribu meter persegi. Dan sejak dua tahun lalu usul menjadikan kota tersebut sebagai Ibu Kota telah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

"Kota Balikpapan telah memiliki berbagai infrastruktur pendukung yang telah bertaraf internasional saat ini, dan sejak dua tahun lalu sudah disampaikan kepada Presiden," tegas Awang Faroeq, di Balikpapan, Rabu 12 Juli 2017.

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Adapun infrastruktur yang sudah tersedia adalah bandara internasional, pelabuhan internasional, kawasan industri internasional, dan bahkan jalan tol yang merupakan satu-satunya di pulau Kalimantan.

Selain itu, suplai pasokan listrik di Balikpapan juga telah mencapai lebih dari 1.000 megawatt, sehingga ini menjadi nilai plus. Dengan demikian, sudah selayaknya Balikpapan siap dan sangat cocok untuk menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota.

"Jadi secara garis besar Provinsi Kalimantan Timur siap jika saja terpilih untuk menjadi Ibu Kota," ujarnya.

Laporan: Iqbal Abdullah, Balikpapan Kalimantan Timur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya