Miris, Banyak Anak Nikah Dini untuk Bayar Utang

Pernikahan dini/anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dalam memeringati Hari Anak Nasional (HAN) 2017, Koalisi Perempuan Indonesia menyoroti tingginya angka pernikahan yang terjadi di kalangan anak-anak, terutama anak perempuan. Menurut Koalisi Perempuan Indonesia, maraknya pernikahan anak itu justru merupakan paksaan dari orangtua.

Talkshow Kesehatan Gigi dan Mulut Meriahkan Festival Hari Anak Nasional

"Praktiknya perkawinan anak itu bukan karena hanya miskin, karena kita temukan mereka dikawinkan untuk membayar utang. Jadi ada praktik perdagangan di sini," kata Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indonesia Dian Kartika Sari di Bakoel Coffee Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 23 Juli 2017.

Menurut Dian, pernikahan anak ini marak terjadi di daerah pedesaan. Faktor ekonomi dan kebudayaan menjadi penyebab utama banyaknya anak yang menikah usia dini.

Bisa Asah Kreativitas dan Skill, Cara Ini Dipilih untuk Rayakan Hari Anak Nasional

"Kultur dalam masyarakat seperti di desa, ada anggapan umur 18 tahun belum kawin dianggap perawan tua. Label negatif buat anak terpacu untuk nikah. Apalagi teman sebayanya udah nikah dan dia mulai bingung hingga akhirnya juga menikah muda," ujarnya.

Faktor keluarga yang berada dalam kondisi ekonomi kekurangan juga mendorong seorang anak, khususnya anak perempuan untuk menikah. Karena dengan nikahnya anak perempuan dianggap dapat mengurangi beban keluarga.

Peringati Hari Anak Nasional, Persaja Gelar Seminar Potensi Anak untuk 600 Pelajar

"Biasanya ada orangtua yang buru-buru menikahkan anaknya untuk melepaskan tanggung jawab sehingga tanggung jawab anak perempuannya diserahkan kepada suami yang menikahinya," ujarnya lagi.

Untuk mengurangi angka pernikahan pada anak, pemerintah dianggap tak boleh lalai dan harus mengambil sikap. Pemerintah Indonesia harus dapat bertanggungjawab dan segera menerbitkan hukum untuk menghentikan perkawinan anak.

Jan Ethes dan La Lembah Manah.

Gibran-Selvi Hingga Jan Ethes-La Lembah, Ikut Meriahkan Hari Anak Nasional

Acara Hari Anak kota Solo ini dihadiri juga oleh keluarga Walikota Solo Gibran Rakabuming, bersama istrinya Selvi Ananda, yang membawa serta Jan Ethes dan La Lembah Manah

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2023