Gempa Tektonik Guncang Bengkulu, Tak Ada Potensi Tsunami

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Pada hari Rabu, 26 Juli 2017 pukul 06.23.22 WIB, terjadi gempa tektonik di Wilayah Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 5,3 SR. Episenter terletak pada koordinat 5,76 LS dan 101,36 BT tepatnya di laut pada jarak 246 KM arah barat daya Kota Bintuhan, Bengkulu dengan kedalaman 10 KM.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa daerah yang mengalami guncangan adalah Pulau Enggano pada skala II SIG-BMKG atau III MMI. Di Pulau Enggano, gempa ini dirasakan oleh orang warga dan sempat membut panik warga. 

"Sementara itu di wilayah pesisir Bengkulu seperti Manna, Bintuhan, Tanjungraya, Pasartalo, Pasaralas dan Kaur hanya mengalami guncangan lemah pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG melalui rilis pers.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Meskipun gempa bumi ini berpusat di laut dengan mekanisme sumber penyesaran naik (thrust fault), namun tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.   

Hingga pukul 07.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 2 aktivitas gempa bumi susulan yaitu pada pukul 06.57 WIB dan pukul 07.21 WIB.  Masyarakat di pulau Enggano dan pesisir Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu liar soal bencana. (ren)

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG


 

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024