Penerbangan Haji Dipindah ke Bandara Soekarno Hatta

Kondisi landasan pacu pesawat di Bandara Halim Perdanakusumah yang terkelupas usai pemberangkatan Jemaah Haji, Jumat (28/7/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter@GerryS

VIVA.co.id – Rute penerbangan untuk angkutan Haji 2017 yang semula diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada hari ini dipindahkan ke Bandara Sooekarno Hatta, Tangerang. Pemindahan menyusul terkelupasnya runway Bandara Halim pada pemberangkatan kloter pertama jemaah haji, Jumat 28 Juli 2017.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pemindahan pemberangkatan haji bukan karena runway Halim tak memadai. Namun untuk antisipasi agar tidak terjadi masalah lagi.

"Pemberangkatan haji hari ini kita pindah ke Soekarno Hatta  karena kemarin sempat ada masalah di runway. Namun sebenarnya, kualitas runway memadai," ujar Budi di JCC, Senayan Jakarta Pusat, Sabtu 29 Juli 2017

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Meski begitu, Budi tak menampik, memang ada beberapa titik lemah di runway Bandara Halim yang agak rawan jika digunakan oleh pesawat berukuran relatif besar dibanding pesawat yang biasanya beroperasi.

"Di beberapa titik mungkin indikasinya gejala tanahnya agak lembek sehingga lapisan atas dan tengah aspal rusak, lalu pesawat Garuda yang digunakan itu tipe Boeing 777 terbaru dengan ukuran besar, namun dengan jumlah roda lebih sedikit sehingga distribusi bebannya di aspal lebih berat," ujar Budi.

Rute Bus Haji Embarkasi Bekasi Diubah Karena Tol Cikampek Ditutup

Ia juga telah meminta PT Angkasa Pura II agar mengevaluasi runway Bandara Halim, terutama untuk pengerasan dan pelapisan runway bandara.

"Kita sudah minta AP II untuk Evaluasi konstruksi (Bandara) Halim.  Lalu kita minta overlay runway di Halim agar masalah kemarin tidak terulang. Untuk hari ini sudah on schedule penerbangan di Halim normal," katanya.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Kementerian Agama akan kembali menghidupkan Media Center Jakarta selama penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Media center ini akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023