Jemaah Haji Diingatkan Salat Arbain, Jangan Pikirkan Koper

Jemaah haji tiba di Madinah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Panitia Penyelenggara Haji Indonesia atau PPHI mengingatkan jemaah calon haji agar memperhatikan ibadah salat arbain setelah berada di Kota Madinah, Arab Saudi. Arbain adalah salat wajib selama 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Tapi sayangnya, pada awal kedatangan masih banyak jemaah calon haji yang mengurus koper pakaiannya ketimbang melaksanakan ibadah arbain.

"Begitu datang langsung pikirkan kopernya mereka. Padahal koper jemaah sudah kami urus, mereka tinggal terima di kamar," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Amin Handoyo, saat menyambut jemaah haji asal Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat malam 28 Juli 2017.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Handoyo menuturkan, masa tinggal jemaah di Madinah adalah 8 atau 9 hari. Karena itu, kesempatan berada di Madinah ini harus benar-benar mereka manfaatkan untuk melaksanakan ibadah arbain.

Mengingat saat proses perhajian tahun ini merupakan puncak musim panas, Amin meminta jemaah menjaga kesehatannya. Tanpa kesehatan yang baik, ibadah arbain akan sulit untuk dipenuhi.

Rute Bus Haji Embarkasi Bekasi Diubah Karena Tol Cikampek Ditutup

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohammad Hery Saripudin berpesan, agar jemaah calon haji Indonesia bisa menjaga sikap di Arab Saudi. "Jemaah kita memang sangat dikenal santun. Karena itu, harus dijaga predikat ini," katanya.

Bersamaan dengan kedatangan jemaah calon haji Indonesia di Madinah, Muasasah Adilla menyatakan komitmennya untuk melayani jemaah Indonesia.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Kementerian Agama akan kembali menghidupkan Media Center Jakarta selama penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Media center ini akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023