Presiden Jokowi Minta Budaya Betawi Dilestarikan

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menghadiri Lebaran Betawi 2017 Perkampungan Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan. Jokowi meminta, masyarakat asli Betawi untuk menjaga kelestarian dan merawat budaya yang mereka miliki.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Menurut dia, kearifan lokal penting untuk diteruskan kepada generasi baru agar tidak tergerus dimakan zaman yang semakin modern. "Saya kira merawat menjaga kearifan lokal, budaya sangat penting sekali," kata Jokowi usai menghadiri perayaan Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu 30 Juli 2017.

Jokowi mengatakan, salah satu cara pelestarian budaya asli Jakarta ini adalah membangun Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan. Pembangunan dimulai saat dirinya menjadi Gubernur dan kemudian diteruskan di era Basuki Tjahaja Purnama.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Ia menuturkan, pembangunan di kawasan itu harus dikembangkan lagi agar bisa menjadi pusat berkesenian dan budaya bagi masyarakat Betawi. "Rencana (pembangunan) makronya dulu. (Nanti) di tengah danau masih ada lagi, dan juga mungkin tadi yang disampaikan oleh Ketua Bamus (Betawi) misalnya jalan menuju ke sini dilebarkan," kata dia.

Sementara itu, Ketua Bamus Betawi, Zainuddin, mengaku bangga  atas perhatian Jokowi kepada masyarakat Betawi. Menurut dia, masyarakat Betawi kini merasa seperti tuan rumah di tanah kelahirannya sendiri lantaran bisa merayakan hari besar bersama orang nomor satu di Indonesia.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga
Apalagi, keputusan pemerintah untuk menempatkan tokoh Betawi, serta tari topeng di mata uang baru menjadi pesan positif bagi masyarakat Betawi. "Yang pertama kalau kita lihat uang pecahan Rp2.000 di situ terpampang pahlawan nasional asli Betawi Bang Mohammad Husni Thamrin. Pemerintah melalui Pak Presiden memberikan anugerah pecahan uang rupiah tertinggi Rp100 ribu sudah terpampang gambang tari topeng Betawi. Ini luar biasa," ujarnya.
 
Mengakhiri sambutannya, Zainuddin pun menyampaikan pantun kepada Jokowi selaiknya tradisi pada adat Betawi. "Dari Ciawi ke Pasar Jumat, mampir ke kali beli sesajen. Kepada Pak Jokowi yang terhormat, doain anak Betawi jadi Presiden," kata Zainudin disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir. (mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya