Jemaah Malaysia Nyasar ke Kantor Haji Indonesia

Calon jemaah haji asal Malaysia tersesat di Madinah, Minggu, 30 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito

VIVA.co.id – Seorang jemaah haji asal negara tetangga, Malaysia, tersesat di Madinah. Warga setempat mengantarkan yang bersangkutan ke Kantor Haji Indonesia di Madinah.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

"Oh Indonesie (Kantor Haji Indonesia), bukan Malaysie?" ujar jemaah asal Malaysia bernama Mustafa, saat berada di Kantor Jemaah Haji Indonesia daerah Madinah, Minggu sore, 30 Juli 2017.

Meski bukan jemaah asal Tanah Air, Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Haji Indonesia tetap melayani Mustafa dengan ramah. Petugas Linjam membawa Mustafa masuk ke dalam kantor dan menawarkan Mustafa makanan.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Berdasarkan pengecekan identitas dan wawancara singkat, Mustafa berasal dari Kelantan. Dia pergi berhaji seorang diri tanpa ditemani istrinya yang sudah berhaji pada 2014.

Mustafa yang berusia 70 tahun, sudah tiba di Madinah pada Minggu pagi dan dia tinggal di zon 3 atau zona 3. Setelah melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi,  dia tak tahu arah pulang dan  akhirnya tersasar hingga dekat Kantor Misi Haji Indonesia.

Rute Bus Haji Embarkasi Bekasi Diubah Karena Tol Cikampek Ditutup

Kantor Misi Haji Indonesia merupakan pusat layanan haji yang juga berfungsi sebagai kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah. Di tempat tersebut ada petugas data, bimbingan ibadah, Linjam, dan lain-lain. Di luar daker, petugas tersebar di sekitar Masjid Nabawi dan pemondokan.

Setelah beberapa lama di kantor haji Indonesia, akhirnya dengan menggunakan mobil operasional warga negara Malaysia itu diantar ke hotel tempat ia menginap.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Kementerian Agama akan kembali menghidupkan Media Center Jakarta selama penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Media center ini akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023