KPK Pelajari Tawaran Polri Usut Kasus Novel Baswedan

Dukungan Para Pegawai KPK Untuk Novel Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tak mau gegabah langsung menerima tawaran pembentukan tim investigasi bersama Polri untuk menemukan pelaku teror terhadap Novel Baswedan. Terlebih pihaknya belum tahu detail mengenai hasil pertemuan Kapolri dan Presiden hari ini.

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

?"Kami pelajari terlebih dahulu perkembangan dari hasil pertemuan Kapolri dan Presiden hari ini. Posisi KPK tentu kita berharap pelaku penyerangan segera ditemukan, baik itu pelaku lapangan maupun aktor intelektualnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin, 31 Juli 2017.

Febri mengatakan, pihaknya memandang bahwa respon Presiden Joko Widodo dengan bertemu Kapolri ini adalah suatu sinyal yang baik. Sebab, tidak hanya KPK, melainkan Novel, keluarganya, serta masyarakat telah menunggu hal tersebut.

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!

"Terkait dengan perhatian Presiden terhadap kasus ini, kami melihatnya sebagai sinyal baik agar penerornya tak lagi dibiarkan berlama-lama bebas di luar," kata Febri.

Mantan peneliti ICW itu lebih jauh mengatakan, setelah ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran Polri, supaya langkah yang diambil nantinya sesuai yang diharapankan, namun tidak menabrak peraturan yang ada.

Novel Baswedan Minta Firli Bahuri Segera Ditahan setelah Praperadilan Ditolak

"Kami akan koordinasi lebih lanjut. KPK tentu hanya dapat menjalankan tugas sepanjang sesuai dengan kewenangan di UU. Sejauh ini, karena domain kasus ini adalah tindak pidana umum, kami kira kita perlu tunggu perkembangan hasilnya dari Polri," kata Febri.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024