Waspada, Ada 38 Titik Api yang Berpotensi Terbakar

Sebaran titik api di Indonesia berdasarkan pantauan citra satelit LAPAN, Rabu (2/8/2017).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lapan Hotspot

VIVA.co.id – Jumlah titik api (hotspot) di sejumlah wilayah Indonesia masih bergerak fluktuatif. Karena itu potensi bahaya kebaran hutan dan lahan masih terus mengancam.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), berdasarkan citra satelit terekam pada  Rabu, 2 Agustus 2017, terpantau ada 177 titik api.

Mayoritas titik api ini tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dari jumlah titik api tersebut, sebanyak 38 di antaranya memiliki potensi terbakar hingga 80 persen.

Kabut Asap Semakin Mengkhawatirkan, Pemerintah Malaysia Kirim Surat ke Indonesia

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrogo menyebutkan, dari beberapa kebakaran lahan yang terjadi di Sumatera, menunjukkan bahwa lahan gambut masih menjadi titik awal kebakaran.

Pemadaman api pun terbilang rumit, selain sumber api yang berada di bawah permukaan, medan yang jauh juga menyulitkan petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Kabut Asap Makin Parah, Penderita ISPA di Palembang Nyaris Tembus 15 Ribu Kasus

"Kondisi hutan dan lahan bekas terbakar di Pelalawan Riau. Berhasil dipadamkan. Ditinggal petugas lalu dibakar lagi," ujar Sutopo.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menelusuri diduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023