Menhub Sesalkan Insiden Senggolan Pesawat di Kualanamu

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyayangkan insiden senggolan pesawat di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Sumatera Utara, Kamis siang, 3 Agustus 2017.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Diketahui, insiden senggolan itu melibatkan maskapai Lion Air dan Wings Air. Akibat peristiwa tersebut, sayap kedua pesawat itu rusak parah.

"Saya dengar laporan prihatin. Saya tugaskan KNKT untuk lakukan pengawasan," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Menhub menyatakan pihaknya akan mengamati bagaimana kecelakaan ini bisa terjadi. Pihaknya juga akan menelusuri tabrakan ini. "Tentu kalau ada kesalahan ada punishment," ujar Menhub.

Menhub mengimbau agar para pilot bisa lebih menjaga kapasitasnya dengan baik. Apalagi profesi pilot ini membutuhkan kepercayaan yang tinggi dari banyak orang.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

"Saya imbau pilot untuk hati-hati. Apalagi dengan profesi pilot ini sangat penting, sangat mengandalkan kompetensi," tegasnya.

Sebelumnya, insiden ini membuat aktivitas penerbangan ditutup sementara. Akibat tabrakan ini, sayap kedua pesawat itu juga mengalami rusak yang parah.

"Aktivitas penerbangan sempat ditutup selama 20 menit," ucap Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto kepada VIVA.co.id. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya