Hampir 1 Juta Turis China Masuk ke Indonesia

Dua orang turis tengah melihat peta.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id – Wisatawan mancanegara asal China menjadi turis dominan tahun 2017 yang berkunjung ke Indonesia. Catatan Kementerian Pariwisata, hampir 1 juta orang Negeri Tirai Bambu ini masuk ke tanah air.

Polisi Tunggu Hasil Tes Kejiwaan Bule Amerika Pelaku Penyekapan Balita di Bali

"Januari-Juni tahun ini dibanding Januari-Juni tahun lalu kenaikannya 45 persen," kata Deputi Pengembangan dan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, Senin, 7 Agustus 2017.

Secara rinci, jika pada tahun lalu jumlah turis China hanya ada 800 ribu orang, maka pada tahun 2017 dalam periode enam bulan mencapai 996.754 orang.

Pungutan Wisatawan Asing Baru 40 Persen, Pemprov Bali akan Sidak di Objek Wisata

Menurut Pitana, kenaikan jumlah turis China ini diduga ditengarai oleh adanya kebijakan bebas visa kunjungan ke Indonesia serta promosi yang gencar dilakukan. Dikatakannya, mayoritas turis asal China yang berkunjung ke Indonesia merupakan wisatawan yang menyukai berbelanja selain berlibur ke pantai.

"Mereka (turis China) lebih memilih penerbangan yang murah tetapi untuk makan dan belanja oleh-oleh mereka sangat royal," kata Pitana. (one)

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Melawan Aparat, Perampok Sadis Wisatawan Prancis di Karo Dihadiahi Timas Panas

Jajaran Reserse Kriminal Polda Sumut bersama Polres Tanah Karo menangkap pria berinisial IAN (23) warga Tongging, Kabupaten Karo, Sumut merupakan pelaku pencurian

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024