Dua Wanita Simpatisan ISIS Aktif Pengaruhi Warga Sumbar

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Suhardi Alius.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Badan Nasional Penanggulangan Teroris menyebutkan belasan warga Sumatera Barat diidentifikasi terlibat atau menjadi simpatisan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

Pakar Dukung BNPT Tangkal Konten Radikalisme: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

Beberapa di antara mereka tak hanya simpatisan, melainkan aktif dalam kegiatan-kegiatan kelompok teroris, bahkkan ada seorang ahli merakit bom. Dua di antaranya seorang perempuan yang aktif memengaruhi warga setempat, terutama kalangan muda.

Mereka sudah ditangkap, antara lain, R warga Bukittinggi, YS warga Padang Panjang, JT warga Payakumbuh, DS warga Solok Selatan, Y warga Pasaman, AH warga Pasaman, RRP warga Bukittinggi, HB warga Bukittinggi, Asm warga Pasaman Barat, Butet warga Bukittinggi, dan HJ warga Bukittingi.

BNPT: Sepanjang 2023 Tidak Ada Aksi Terorisme di Indonesia

"Butet dan HJ ini adalah perempuan, dan mereka sudah bergabung dengan ISIS. Beberapa dari nama itu ada yang sering pulang kampung dan memengaruhi warga," kata Kepala BNPT, Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, saat berbicara dalam forum pelatihan Duta Damai Dunia Maya di Padang, Sumatera Barat, pada Senin malam, 7 Agustus 2017.

Meski secara kuantitatif tidak terlalu banyak yang terlibat dibandingkan di provinsi lain, tetap saja Sumatera Barat tidak steril. Sumatera Barat tetap diwaspadai, terutama bagi mereka yang dulu sempat pulang kampung dan menyebar paham teroris.

Mentan Amran Berkomitmen Bantu Negara Tekan Berkembangnya Pemahaman Terorisme

Perkembangan teknologi informasi yang canggih melalui internet, kata Suhardi, juga menjadi salah satu media jitu yang digunakan kelompok atau jaringan teroris untuk menyebar paham dan merekrut anggota. Mereka selalu mengincar anak-anak muda.

"Kita selalu melacak, baik secara teknologi maupun fisik, untuk terus mengetahui pergerakan mereka. Jadi, memang harus diwaspadai betul, karena ketika pulang ke kampung, mereka pasti akan memengaruhi anak muda," katanya.

Anggota Komisi III DPR RI, Sarifuddin Sudding saat Rapat Kerja Komisi III DPR RI

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding mengapresiasi BNPT kinerja BNPT karena momentum lebaran Idul Fitri aman dari gangguan terorisme

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024