Komunikasi Buruk, Hanura Tak Pasti Dukung Ridwan Kamil

Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Jawa Barat
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id - Partai Hanura belum memastikan mendukung Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat pada 2018. Partai itu bahkan menyoal komunikasi buruk Ridwan Kamil selama ini.

Anggota DPR dari Nasdem Dilaporkan ke MKD

Satu hal yang disoal Hanura sebenarnya perkara sepele tetapi penting, yakni Ridwan Kamil tak pernah bersilaturahmi ke kantor partai itu di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten di Jawa Barat. Hanura menilai, kerja sama politik penting dimulai dari silaturahmi, bahkan sekadar saling tandang.

"Ridwan Kamil apakah pernah silaturahmi ke kantor kami, atau ke partai DPD lainnya? Itu sangat kita catat. Kan, kita mau bangun kerja sama politik harusnya ada komunikasi politik yang baik juga," kata Budi Hermansyah, Ketua Tim Pemenangan Pilkada Partai Hanura Jawa Barat, di Bandung pada Senin, 14 Agustus 2017.

Hanura Akan Kukuhkan Pengurus, Wiranto Diundang Sebagai Wantimpres

Popularitas dan elektabilitas Ridwan Kamil, kata Budi, bukan jaminan pengurus partai di daerah tertarik mendukung. “Intinya figur bukan jaminan magnet menjadi kristalisasi mendorong seseorang," ujarnya.

Bahkan, berdasarkan pengalaman politik saat Ridwan Kamil meninggalkan Partai Gerindra dan PKS yang sudah mengantarkannya menjadi Wali Kota Bandung pada 2013, menjadi catatan Hanura Jawa Barat.

Adik Ipar Jokowi Maju di Pilkada Gunungkidul, NasDem: Inikan Kompetisi

"Figur bisa pergi kapan dan di mana saja. Kalau partai enggak akan ke mana. Etika figur penting untuk bangun kerja sama politik. Kan ada pengalaman partai lain, walaupun saya enggak mau sebut, ya," katanya.

Pernyataan politik Budi menanggapi sikap Partai Nasdem yang merasa percaya diri dapat merangkul Hanura untuk mencalonkan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat.

Ketua Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mutopa, berkeyakinan bahwa bermodal pertemuan singkat dengan pimpinan Hanura, cukup untuk menjalin koalisi. Dia merujuk pertemuannya dengan Aceng Fikri, Ketua Hanura Jawa Barat, di Kota Bandung pada 11 Agustus 2017.

"Ini kedua kali pertemuan dengan Kang Aceng (Ketua Hanura Jawa Barat). Waktu saya masih di DPR, sekarang ketemu lagi, mudah-mudahan bisa bersama-sama di 2018," ujar Saan.

Nasdem, kata Saan, berharap ajakan koalisi itu tidak hanya berakhir pada suksesi Pilkada Jawa Barat, melainkan sekaligus dalam pilkada di 16 kota/kabupaten di provinsi itu pada 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya