Bendera Merah Putih Terpanjang di Bali Pecahkan Rekor Dunia

Kepolisian Daerah Bali memecahkan rekor dunia kategori pembentangan bendera Merah Putih di tebing Pantai Pandawa, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin, 14 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Bali memecahkan rekor dunia kategori pembentangan bendera Merah Putih di tebing Pantai Pandawa, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin, 14 Agustus 2017.

Gokil! Nenek 12 Cucu Sukses Cetak Rekor Dunia, Lakukan Plank 4,5 Jam

Menurut Senior Manager Museum Rekor Indonesia (Muri), Awan Rahargo, pembentangan bendera Merah Putih di tebing baru kali pertama dilakukan, tak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

"Muri mencatat ini adalah kain Merah Putih terpanjang yang dipasang di tebing dan ini adalah yang pertama kali dipasang di tebing. Tercatat sepanjang 400 meter dengan bentangan lebar empat meter. Ini adalah yang terpanjang tidak hanya di Indonesia, namun Muri kukuhkan sebagai rekor dunia juga," kata Awan.

Pria Ini Dilindas Moge Ratusan Kali demi Rekor Dunia

Dalam catatan Muri, rekor sebelumnya adalah pembentangan bendera terpanjang yang mengelilingi sebuah pulau dengan bentangan panjang 17,3 kilometer. "Juga bendera terpanjang yang mengelilingi sebuah gedung sepanjang 300 meter. Ini kriteria sendiri, karena memang sebelumnya belum pernah dipasang di tebing seperti ini," katanya.

Bendera Merah Putih sepanjang itu dipasang unsur gabungan Brimob, SAR, Sabhara, Basarnas, Mapala, dan BPBD yang berjumlah 72 orang sesuai tahun kemerdekaan Indonesia. Pengibaran bendera diikuti dua ribu peserta yang terdiri personel Polda Bali, pelajar di sekitaran Kuta Selatan, tokoh agama, dan tokoh adat.

Cetak Rekor Dunia, Seorang Pria Hanya Lakukan Hal Nyeleneh dari Mulutnya

Menurut Kepala Polda Bali, Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose, kegiatan yang mengambil tema Pandawa Merah Putih itu sebagai bentuk konsistensi menjaga konsensus kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Ia berharap, kegiatan itu menjadi tonggak sejarah untuk mematri kembali persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinnekaan. "Perbedaan adalah kekayaan bangsa kita. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga perbedaan itu menjadi satu kesatuan, menjadi kekuatan sebagaimana para founding father kita dahulu," kata Golose. (mus)

Perempuan usia 9 tahun di India jadi viral lantaran mampu mengangkat beban hingga 75 kg.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Perempuan berusia sembilan tahun di India mendapat julukan 'female version of Hercules' alias Hercules Perempuan, lantaran kuat mengangkat beban hingga 75 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024