Bendera Merah Putih Terpanjang di Bali Pecahkan Rekor Dunia

Kepolisian Daerah Bali memecahkan rekor dunia kategori pembentangan bendera Merah Putih di tebing Pantai Pandawa, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin, 14 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Bali memecahkan rekor dunia kategori pembentangan bendera Merah Putih di tebing Pantai Pandawa, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin, 14 Agustus 2017.

Patahkan Rekor Dunia, Al Hilal Tantang Penghancur Klub Cristiano Ronaldo di Semifinal LCA

Menurut Senior Manager Museum Rekor Indonesia (Muri), Awan Rahargo, pembentangan bendera Merah Putih di tebing baru kali pertama dilakukan, tak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

"Muri mencatat ini adalah kain Merah Putih terpanjang yang dipasang di tebing dan ini adalah yang pertama kali dipasang di tebing. Tercatat sepanjang 400 meter dengan bentangan lebar empat meter. Ini adalah yang terpanjang tidak hanya di Indonesia, namun Muri kukuhkan sebagai rekor dunia juga," kata Awan.

10 Fakta Menarik Taylor Swift, Pecahkan 60 Rekor Dunia

Dalam catatan Muri, rekor sebelumnya adalah pembentangan bendera terpanjang yang mengelilingi sebuah pulau dengan bentangan panjang 17,3 kilometer. "Juga bendera terpanjang yang mengelilingi sebuah gedung sepanjang 300 meter. Ini kriteria sendiri, karena memang sebelumnya belum pernah dipasang di tebing seperti ini," katanya.

Bendera Merah Putih sepanjang itu dipasang unsur gabungan Brimob, SAR, Sabhara, Basarnas, Mapala, dan BPBD yang berjumlah 72 orang sesuai tahun kemerdekaan Indonesia. Pengibaran bendera diikuti dua ribu peserta yang terdiri personel Polda Bali, pelajar di sekitaran Kuta Selatan, tokoh agama, dan tokoh adat.

Warga Suku Karbi Assam Pecahkan Rekor Dunia: 10 Menit Berjalan di Atas Egrang

Menurut Kepala Polda Bali, Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose, kegiatan yang mengambil tema Pandawa Merah Putih itu sebagai bentuk konsistensi menjaga konsensus kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Ia berharap, kegiatan itu menjadi tonggak sejarah untuk mematri kembali persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinnekaan. "Perbedaan adalah kekayaan bangsa kita. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga perbedaan itu menjadi satu kesatuan, menjadi kekuatan sebagaimana para founding father kita dahulu," kata Golose. (mus)

Peraih Rekor MURI

Menggenggam Prestasi, Cerita Sukses Brand yang Meraih Dua Rekor MURI

Belakangan ini, kedua merek tersebut berhasil memperoleh total empat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) secara simultan.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024