Pangdam Udayana: Puluhan Orang Terindikasi ISIS di Bali

Panglima Komando Daerah Militer IX Udayana, Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, saat mengunjungi Markas Kodim 1609/Buleleng pada Selasa, 15 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Panglima Komando Daerah Militer IX Udayana, Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, merilis informasi mengejutkan. Ia mengatakan, terdapat puluhan orang terindikasi anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menyebar di beberapa titik di Bali.

Pemimpin Baru ISIS 'Sang Penghancur', Terkenal karena Kebrutalannya

"Dari laporan yang saya terima, di Bali data yang ada, setidaknya ada lima puluh orang yang masuk dalam daftar anggota ISIS berada di Bali dan tersebar di beberapa tempat," kata Komaruddin, Selasa, 15 Agustus 2017.

Dia tak merinci di mana saja mereka bermukim. Namun dia mengingatkan, jumlah itu bisa saja bertambah karena ada beberapa lainnya di luar organisasi ISIS, masih memiliki jaringan dengan organisasi yang berbasis di Suriah itu. Ia mencontohkan Filipina.

Al Salbi 'The Destroyer' Pemimpin ISIS yang Baru, Kejam dan Brutal

Awalnya pemerintahan Filipina mendeteksi 50 anggota ISIS di negara mereka. Namun setelah operasi militer, diketahui jumlah mereka mencapai 250 orang. "Berarti sudah melebihi. Kalau dianalogikan itu sudah sepuluh kali lipatnya," ujarnya.

Hal yang pasti, ujar Komaruddin, sebagai destinasi wisata dunia, Bali memang menjadi sasaran serius di kalangan pelaku teror. Namun yang terpenting sekarang adalah memperkuat sistem pengamanan agar wilayah bisa benar-benar aman dari radikalisme dan terorisme.

Al Baghdadi Tewas, Mabes Polri Tetap Waspada

Selain bersinergi dengan Polri, Komaruddin mengaku telah menginstruksikan prajuritnya untuk rutin berpatroli wilayah, utamanya di lokasi-lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian anggota ISIS. (mus)

VIVA Militer: Mayjen TNI MS jalani tradisi Kodam Udayana.

Masuk Bali, Jenderal TNI Perisai Nyawa Jokowi Disucikan di Bandara

Dan penolak bala bencana sebagai Jenderal TNI yang baru bertugas di Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2020