Geger Penemuan Batu Mirip Kelamin di Kuburan Tanah Datar

Batu berbentuk kelamin yang ditemukan warga di kabupaten Tanah Datar, Sumbar.
Sumber :

VIVA.co.id – Warga Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dihebohkan dengan penemuan batu yang memiliki bentuk seperti alat kelamin pria. Diduga batu ini berasal dari zaman prasejarah.

44 Narapidana dan 9 Petugas Rutan Batusangkar Positif COVID-19

Batu panjang mirip kelamin pria ini ditemukan di wilayah Pandam Perkuburan Ulayat Ateh Puwun Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang.

Menurut Zulnasti, warga setempat, batu yang memiliki ketinggian mencapai satu setengah meter ini, ditemukan secara tak sengaja pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Bupati Tanah Datar Irdiansyah Tarmizi Meninggal Dunia

Awalnya batu berukir ini ditemukan belum dalam kondisi tegak, tapi masih rebah dan sebagian besar terpendam di dalam tanah.

"Batu itu sudah lama ada di sana, baru kemarin saat ada warga yang hendak dimakamkan, kita berinisiatif memindahkan batu itu. Namun, ternyata setelah diangkat malah mirip alat kelamin pria,"kata Zulnasti, Rabu 23 Agustus 2017.

Ditemukan Benda Kuno, Museum Mini Bakal Dibangun di Stasiun Bekasi

FOTO: Batu berbentuk kelamin yang ditemukan warga di kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Batu itu diperkirakan berbobot lebih dari satu ton. Zulnasti mengatakan, warga telah melaporkan temuan itu ke pihak terkait di bidang sejarah. Warga berharap keberadaan batu bisa menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat. 

"Kita berharap potensi atas temuan ini dapat dikembangkan, sehingga banyak yang akan datang ke sini," kata Zulnasti.

Untuk sementara ini, lokasi temuan batu disterilkan petugas kepolisian, garis tanda polisi telah dipasang mengelilingi lokasi.

Sementara itu, berdasarkan topografi wilayah, lokasi temuan batu ini berada di wilayah Ateh Puwun Jorong Balai Tabuah, atau sekitar 400 meter dari jalan utama lintas Batu Sangkar-Lintau via Puncak Pato. Lokasi ini juga tidak jauh dari objek wisata Batu Angkek-angkek. Jika ditempuh dari Kota Padang, kira-kira akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya