Khidmatnya Idul Adha Ala Jemaah An-Nadzir di Gowa

Jamaah An Nadzir melaksanakan salat Iduladha di Kampung Butta Ejayya, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (31/8/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA.co.id – Ratusan jemaah An-Nadzir di Butta Ejayya Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan melaksanakan Salat Idul Adha 1438 H pada Kamis, 31 Agustus 2017.

Jemaah An-Nadzir Tetapkan Idul Fitri 1443 H Jatuh Pada 1 Mei 2022

Penyelenggaraan ini serentak dengan rombongan dari jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat. Lebih cepat sehari, jika dibandingkan pemerintah maupun umat Islam lainnya di Indonesia.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan, penyelenggaraan Idul Adha oleh jemaah itu mendapatkan pengawalan. Setidaknya ada 600 jemaah An-Nadzir yang berpartisipasi.

Jemaah An Nadzir Sulsel Tetapkan 1 Ramadhan 2 April

"Tadi pagi sesuai laporan dari Polsek Bontomarannu (Polres Gowa), jemaah An-Nadzir sudah melaksanakan Salat Idul Adha 1438 H," ujarnya.

Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa menyelenggarakan Salat Idul Adha, 2017

Sembilan Daerah di Sulawesi Selatan Banjir

FOTO: Jemaah An Nadzir melaksanakan salat Idul adha di Kampung Butta Ejayya Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (31/8/2017).

Prosesi salat dan khutbah Idul Adha dipimpin oleh Ustaz Samiruddin Pademmui. Sebagaimana khasnya An-Nadzir, seluruh jemaah terlihat mengenakan pakaian serba hitam.

Kelompok laki-laki mengenakan serban dengan rambut panjang. Sedangkan yang perempuan mengenakan jilbab bercadar hitam. 

Pimpinan jemaah An-Nadzir, Ustaz Lukman Al-Bakti menjelaskan, keputusan pelaksanaan Salat Idul Adha itu dilakukan setelah pihaknya melakukan pengamatan dan pemantauan berdasarkan tanda-tanda alam, meliputi posisi bulan dan mengukur tinggi pasang air laut.

Pemantauan tanda-tanda alam itu telah dilaksanakan di Pantai Galesong. Karena itu, berdasarkan keyakinan mereka bahwa 10 Dzulhijjah jatuh pada Kamis, 31 Agustus 2017. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya