Pelempar Bom Molotov di Kedubes Myanmar Masih Berkeliaran

Sejumlah personel polisi wanita bersiaga di kantor Kedubes Myanmar pasca gelombang protes atas konflik etnis Rohingya baru-baru ini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kepolisian mengaku belum bisa menemukan titik terang siapa pelaku pelemparan bom molotov di Kantor Kedutaan Besar Myanmar di kawasan Menteng Jakarta Pusat pada Minggu dinihari, 3 September 2017.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Meski aksi ini terekam dalam kamera pengawas (CCTV). Namun belum bisa memberikan informasi banyak.

"Karena CCTV agak gelap ya. Tapi mobilnya kurang lebih memang seperti itu (Toyota Avanza). Yang jelas warnanya (mobil)  hitam," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Suyudi Ario Seto, Rabu, 6 September 2017.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Sejauh ini, telah ada enam orang saksi yang menjalani pemeriksaan terkait pelemparan bom molotov di Kedubes Myanmar. Mulai dari seorang tukang nasi goreng keliling yang lewat lokasi kejadian saat itu, hingga anggota kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi saat kejadian.

Meski begitu, ia belum bisa memperkirakan berapa jumlah persis terduga pelaku pada kasus ini. "Belum bisa dipastikan (berapa pelaku). Minimal satu dua orang itu sudah pasti," katanya.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Aksi pelemparan bom molotov di Kedubes Myanmar pada Minggu dinihari sekira pukul 02.35, dilaporkan tidak menyebabkan kerusakan berarti dan memakan korban. 

Kuat dugaan pelemparan bom molotov ini ditengarai oleh mencuatnya konflik etnis minoritas muslim Rohingya di Rakhine Myanmar. Hingga kini, gelombang protes dari sejumlah ormas muslim masih berlangsung di Kedubes Myanmar.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024