Pesan Irjen Anton Charliyan ke Kapolda Jabar Baru

Irjen Anton Charliyan serah terima dengan Irjen Agung Budi Maryoto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto resmi memulai memimpin komando setelah serah terima jabatan dengan Irjen Pol Anton Charliyan. Ada pesan khusus yang disampaikan Anton Charliyan kepada Agung Budi Maryoto.

Polri akan Blak-blakan soal Mutasi Kombes Margiyanta

"Titip Jabar Pak Agung. Dengan penuh kebanggaan bahwa Jawa Barat dipegang Agung lebih aman dan kondusif," ujar Anton kepada Agung di Mapolda Jabar, Jumat 8 September 2017.

Anton mengaku, selama menjabat Kapolda Jabar, beberapa permasalahan kontroversial mengundang polemik. Ia merasa belum maksimal memimpin Polda Jabar.

Bermasalah, Kombes Margiyanta dan AKBP Eko Dimutasi

"Maaf, mungkin belum bisa berikan kontribusi maksimal. Penuh keterbatasan dan kekurangan, untuk itu saya mohon maaf, saya yakin banyak dosa," lanjutnya.

Adapun Agung mengatakan, persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Jabar, tahun depan, menjadi prioritasnya. Ada 16 kabupaten dan kota yang akan menggelar pilkada. Selain pilkada, pelaksanaan Asian Games 2018, menjadi pekerjaan rumah untuk dipersiapkan secara maksimal.

Mabes Polri Rombak Kapolres di Jabodetabek, Ini Daftarnya

"Agenda pilkada serentak, ini tantangan kita untuk bersinergi pengamanan pesta demokrasi, kita harus bisa mengamankan suksesi," tutur Agung.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memutasi sejumlah perwira tinggi. Salah satunya, Irjen Anton Charliyan dari jabatan Kapolda Jabar. Berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/892/VIII/2017, posisi Anton akan digantikan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Agung Budi Maryoto.

Keputusan mutasi tersebut diedarkan lewat surat telegram nomor ST/2032/VIII/2017 yang salinannya diberikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul kepada wartawan, Jumat 25 Agustus 2017.

Anton nantinya akan menjadi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Lulusan Akademi Kepolisian 1984 itu menggantikan Irjen Alberto P Simanjuntak yang dipindahkan menjadi Perwira Tinggi Badan Intelijen Keamanan Polri dengan penugasan di Badan Intelijen Negara (BIN). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya