Polisi Pastikan Pesan Imbauan Tilang e-CCTV di Bandung Hoax

Ilustrasi sistem tilang secara elektronik (e-Tilang) yang diterapkan Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Beberapa hari lalu, beredar pesan bahwa di sejumlah jalur utama di Kota Bandung Jawa Barat, menjadi titik uji coba tilang e-CCTV. Aturan itu dikabarkan mulai diberlakukan pada Senin 11 September 2017, oleh tim Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung.

Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel, Anda Patut Waspada

Titik uji coba Tilang e-CCTV itu di antaranya, jalan Merdeka simpang BIP, Simpang Dago, dan Alun - alun Kota Bandung. Mengonfirmasi hal tersebut, Polrestabes Bandung menegaskan, pesan berantai tersebut dipastikan informasi palsu dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Ini hoax ya. Enggak ada (pemberlakuan e-Tilang CCTV di Kota Bandung)," ujar Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Bandung, Kompol Reny Marthaliana, saat dikonfirmasi Minggu malam, 10 September 2017.

Beredar Rekaman CCTV Diduga Mobil Lee Sun Kyun Sebelum Ditemukan Meninggal

Berikut isi, boradcast pesan yang beredar via Whatsapp, :

Untuk pengguna kendaraan yang melintas di jalanan KOTA Bandung :

Viral Wanita Cantik Mencuri Terekam CCTV, Kini Ditangkap Polisi

Besok ini uji coba tilang e-CCTV. Simpang BIP, Simpang Dago, Simpang McD, Simpang BNI sampai ke Alun Alun

Berhentilah di belakang garis. Hati hati dengan kecepatan ketika lampu TL sudah menyala warna kuning. Karena sensor CCTV akan me-ngezoom saat lampu kuning menyala. Mungkin juga di beberapa wilayah atau tempat lain.

Jangan lupa juga sampaikan ke teman-teman/saudara yang akan melakukan perjalanan di kota Bandung informasi mulai 10 september 2017 akan dipasang ribuan CCTV di tempat-tempat yang rawan pelanggaran Lalu Lintas seperti Traffic Light maupun tempat lain.

Tujuan pemasangan CCTV tersebut adalah untuk menangkap secara detail visual para pelanggar Lalin selanjutnya akan dilakukan TILANG secara ELEKTRONIK dan dikirim surat ke rumah alamat sesuai Nopol bahkan CCTV tersebut dapat menangkap gambar wajah dan Nopol (Nomor Polisi) secara jelas.

Khususnya rekan-rekan, jika berhenti dilampu merah jangan melebihi Stop Line lebih baik ambil belakangnya Stop Line.

Bahwa Pemkot BANDUNG akan kerja sama Satlantas BANDUNG, Kejaksaan Negeri BANDUNG, PN Bandung dan Dishub Kota BANDUNG maupun instansi lain.

Mari bersama -sama tertib Lalu Lintas di jalan dengan Motto Keselamatan Sebagai Kebutuhan No 1. Aplikasi dilapangan akan segera di publikasikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya