Bukit Teletubies di Gunung Bromo Terbakar

Wisatawan memadati kawasan pasir berbisik Gunung Bromo
Sumber :
  • ANTARA/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Bukit Teletubies dan Padang Savana, atau Bantengan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengalami kebakaran pada Senin siang, 11 September 2017. Titik api terpantau petugas TNBTS sekitar pukul 11.00 WIB.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

"Titik api pertama terpantau di Bukit Teletubies dekat lautan pasir Gunung Bromo sekitar pukul 11.00 WIB. Penyebab kebakaran masih diidentifikasi," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat.

Sarif menyebut, dari pantauan awal kebakaran diperkirakan meluas dikisaran 50 hektare. Upaya pemadaman terhalang cuaca kering dan panas di kawasan Gunung Bromo.

Penampakan Macet 'Horor' di Bromo Saat Libur Natal, Dipenuhi Mobil dan Motor

"Kita masih mengupayakan pemadaman, belum sampai mengidentifikasi penyebabnya dan luasan yang terbakar. Tetapi, cuaca di savana kering sekali. Sampai pukul 17.30 WIB petugas masih melakukan pemadaman," ujar Sarif.

Sekitar 60 petugas diterjunkan untuk memadamkan kebakaran. Pemadaman dilakukan tim gabungan dari Balai Besar TNBTS, TNI, dan masyarakat sekitar, dengan cara manual.

TNI AU Prioritaskan Angkut Beberapa Perangkat Penting Pesawat Super Tucano

"Ada 50 sampai 60 petugas yang melakukan pemadaman. Kita juga membuat sekat bakar agar api tidak meluas," ujar Sarif.

Sarif menyebut kebakaran dikawasan Balai Besar TNBTS kali ini merupakan yang pertama di 2017. "Langkah yang kami ambil adalah melokalisir penyebaran dan pemadaman api. Ini adalah kebakaran pertama di tahun ini," kata dia.

Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, di Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata, menyebar

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024