KPK Gelar Pertemuan dengan Demokrat dan Nasdem

Lima pimpinan KPK saat pertemuan di gedung KPK, Senin (29/2/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi akan menggelar pertemuan dengan Partai Demokrat dan Partai NasDem, siang ini, Rabu, 13 September 2017. Pertemuan tersebut untuk membahas politik berintegritas.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

"Ibu Basaria Panjaitan yang akan hadir (pertemuan itu)," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, saat dikonfirmasi awak media melalui telepon, Rabu, 13 September 2017.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan kajian pencegahan tindak pidana korupsi dan penguatan partai politik ini sudah dibahas institusinya sejak tahun lalu.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menurutnya, ada dua hal yang menjadi fokus pertemuan nanti. Pertama, menyoal peningkatan pendanaan politik, dan kedua adalah pembangunan integritas parpol.

"Untuk pembangunan integritas parpol, kami (sudah) lakukan kajian bersama beberapa profesor di LIPI juga. Hasilnya saat ini dibawa ke seluruh parpol," kata Febri.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Febri menuturkan selain bidang penindakan yang kerap menjerat politikus, KPK juga bertanggungjawab dalam hal pencegahan. Karena itu, untuk mewujudkan parpol yang berintegritas, dikatakan Febri, memerlukan komitmen dan keterbukaan dari para pimpinan partai politik.

Febri menambahkan, sebelumnya KPK sudah melakukan pertemuan dengan pengurus pusat PDIP, Gerindra, PKB dan Hanura, dalam kaitan itu. Kini, giliran Partai Nasdem dan Demokrat.

"Hal-hal yang jadi perhatian saat ini adalah pengaturan dan penegakan kode etik, penataan sistem rekrutmen politik di parpol dan sistem akuntabilitas pengelolaan dana dan keuangan parpol," kata Febri.

KPK berharap dengan diadakannya pertemuan ini, partai politik sebagai pilar demokrasi menjadi bagian penting dalam mendukung pemberantasan tindak pidana korupsi di Tanah Air. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya