Daftar Kepala Daerah yang Tersangkut Kasus di KPK

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, setelah diciduk KPK dalam operasi tangkap tangan.
Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, setelah diciduk KPK dalam operasi tangkap tangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam beberapa waktu terakhir, memang getol menggelar operasi tangkap tangan di beberapa daerah, dengan menangkap sejumlah kepala daerah dan sejumlah pihak terkait kasus suap.

Terakhir, KPK menangkap tangan tangan Wali Kota Tegal, Siti Mashita; Bupati Batu Bara, OK Arya Zulkarnain dan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, yang belum lama ini ditangkap pada Sabtu, 16 September 2017.

Penangkapan Eddy Rumpoko ini menambah panjang daftar kepala daerah yang diciduk dan ditetapkan tersangka oleh KPK, sepanjang berdirinya lembaga antirasuah tersebut, atau sejak tahun 2003.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengaku prihatin dengan perilaku koruptif sejumlah kepala daerah tersebut. Kemendagri mencatat, lebih dari 70 kepala daerah pernah dan sedang tersangkut perkara di KPK.

Berdasarkan data dihimpun wartawan VIVA.co.id, berikut di antaranya kepala daerah tersebut, :

1. Abdullah Puteh (mantan) Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Puteh dijerat tindak pidana korupsi terkait dalam pengadaan pesawat Helikopter Mi-2 milik Pemerintah Provinsi NAD. Penetapan tersangkanya kali pertama diumumkan pada 29 Juni 2004.

2.  Mayjen TNI (Purn) Suwarna Abdul Fatah, (mantan) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). Ia dijerat terkait kasus korupsi atas pelaksanaan Program Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit sejuta Hektar di Kalimantan Timur yang diikuti dengan Penerbitan Ijin Pemanfaatan Kayu Tahun 1999-2002. Ia ditahan oleh KPK pada 19 Juni 2006.

3.  Abubakar Ahmad, (mantan) Bupati Dompu. Ia pernah dijerat KPK terkait pengeluaran atau penggunaan dana yang tidak sesuai dengan peruntukannya pada Dana Tak Tersangka APBD Kabupaten Dompu Tahun 2003-2005. Ahmad pertama kali disidik KPK pada 24 April 2006.

4. Sjachriel Darham, (mantan) Gubernur Kalimantan Selatan. Ia ditahan KPK pada 3 Januari 2007, bekaitan kasus penyalahgunaan atau penggunaan tidak sesuai dengan peruntukannya pada Anggaran Belanja Rutin Pos Kepala Daerah Kalimantan Selatan Tahun 2001-2004.

5. Saleh Djasit (mantan) Gubernur Riau. Ia diejrat kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran tahun 2003.?

6.  Hendy Boedoro, (mantan) Bupati Kendal. Ia ditahan KPK pada 22 Desember 2006. Ia menjadi terdakwa atas kasus pembobolan kas daerah Kendal yang dilakukan pada masa jabatannya yang pertama, namun kasus ini baru terungkap pada masa jabatannya yang kedua.

7. Syaukani HR, (mantan) Bupati Kutai Kartanegara. Almarhum pernah dijerat KPK terkait pelaksanaan proyek pembangunan Bandara Samarinda Kutai Kartanegara yang terjadi di pemerintahan Daerah Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur, tahun 2003-2004       

Halaman Selanjutnya
img_title