Jarang Publikasi Kinerja, Menag Takut Dibilang Riya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa mental agamis sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) turut menjadi sebab Kemenag dievaluasi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Kementerian Agama dianggap jarang memublikasikan kinerjanya.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Lukman menyampaikan, sebagian ASN Kemenag berpikiran bahwa kinerja yang baik tidak memerlukan publikasi. Sebabnya, agama mengajarkan supaya setiap manusia bersikap ikhlas dalam melakukan setiap kebaikan.

"Ada pemahaman bahwa ketika tangan kanan memberi, maka tangan kiri pun tak boleh tahu. Jadi itu kemudian memunculkan anggapan bahwa kebaikan itu tidak perlu diungkap-ungkapkan. Tidak perlu diekspos, dipublikasikan. Ya, kebaikan itu biarlah menjadi pahala. Bila dipublikasikan, nanti dianggap riya'," ujar Lukman dalam acara evaluasi kinerja di Kemenag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 22 September 2017.

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Meski demikian, Lukman menyampaikan, usai dievaluasi, Kemenag akan memperbaiki kinerja dengan lebih sering mempublikasikan prestasi dan hasil-hasil kinerja. Pasalnya, menurut Lukman, transparansi juga diperlukan dalam hal pelaksanaan roda pemerintahan.

Lagipula, Lukman menyampaikan, dipandang dari segi agama, publikasi prestasi dan kinerja juga tidak melulu bentuk riya'. Publikasi hal itu bisa menginspirasi kementerian dan lembaga pemerintah lain untuk melakukan kinerja yang baik juga.

UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54, Targetkan Jadi Universitas Riset Terdepan

"Informasi tentang kebaikan harus disebarkan ke banyak pihak. Supaya memotivasi, menginspirasi. Itu juga adalah ajaran agama," ujar Lukman.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024